Macam-Macam Desain Grafis

Desain Grafis memiliki berbagai macam basis karya dengan melihat komposisi elemen-elemen yang terdapat dalah karya tersebut, berikut macam-macam basis karya tersebut :


1. Desain berbasis image (gambar)

Desain Grafis Gambar Image

Desainer membangun image yang merupakan representasi dari gagasan pribadinya atau client binisnya. image merupakan sesuatu yang sangat kuat untuk dipercaya, dan merupakan alat komunikasi yang dapat mempengaruhi, mampu menyampaikan tidak hanya informasi tetapi juga suasana hati dan emosi.

Image diambil dengan berbagai cara dan tehnik yang disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi dan media. Dalam desain berbasi image, hal utama yang harus diperhatikan seorang desainer adalah memahami bahwa image-image yang diekspose harus membawa keseluruhan pesan, untuk itu terkadang desainer memberi sedikit teks sebagai bantuan.

2. Desain berbasis Type


Desain Grafis Type

Dalam beberapa hal, para desainer bersandar pada teks untuk menyampaikan pesan, tetapi mereka menggunakan kata-kata dengan cara yang berbeda dari tata cara yang biasa dilakukan oleh para penulis. Bagi para desainer, mereka melihat visual teks sama pentingnya seperti maksud atau arti dari teks itu sendiri. Format visual teks, baik Tipography yang dicetak ataupun penulisan tangan memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk melaksanakan fungsi komunikasi, dan seorang desainer pasti sadar bahwa keberadaan teks harus memiliki fungsi redability atau keterbacaan. Hampir semua desainer sepakat bahwa penggunaan teks sebagai tampilan visual dengan tanpa mengabaikan fungsi keterbacaan adalah penting.

3. Desain berbasi Image dan Type


Contoh Desain Grafis Image Type

Para desainer juga sering mengkombinasikan antara typografi dan image untuk mengkomunikasikan satu pesan pada audience. Eksplorasi dengan berbagai kemungkinan kreatif yang dipresentasikan dalam kombinasi tipography (teks dan sebagainya) dan image (fotography, ilustrasi, dan seni rupa), bertujuan memberi tampilan serta informasi yang lengkap. Sehingga terciptalah sebuah kesesuaian dan keseimbangan terbaik antara keduanya.

4. Desain berbasis Simbol, Logo dan Logotype


Contoh Desain Grafis Symbol, Logo dan LogoTypeDesain berbasis Simbol, Logo dan Logotype

Simbol dan logo adalah hal yang spesial, berbentuk informasi yang sangat ringkas dan berfungsi sebagai identitas suatu produk atau perusahaan. Simbol adalah representasi abstrak dari gagasan atau identitas tertentu. Logo adalah visual dalam format simbolis yang fungsinya mewakili konsep-konsep atau kelompok tertentu. Sementara Logotype adalah identifikasi-identifikasi konsep maupun kelompok yang visualnya didasarkan pada suatu deretan kata atau teks yang dirangkai khusus. Dalam menciptakan Idintifiers, desainer akan menetapkan sebuah visual yang jelas dan sesuai dengan visi dan misi sebuah korporasi, kelompok, konsep, atau gagasan sehingga terwakili dan sesuai dengan masing-masing tujuannya.