Tips Terbaik mendapatkan Klien Desain Grafis

Menemukan seorang klien itu merupakan hal utama dalam bisnis. dikutip dari artikel () Meskipun desain grafis menjadi bisnis hi-tech, hal penting yang harus anda ketahui nyatanya berapa banyak responden menilai pendekatan low-tech adalah cara yang terbaik untuk mendapatkan klien. Memang, word-of-mouth mungkin modus promosi tertua namun kenyataannya cara ini sangat efektif dibanding cara lain.

Baca Juga :



Berikut daftar strategi pemasaran dan promosi menurut survei yang dilakukan atas beberapa responden.

32% - Tradisional dari mulut ke mulut


Melakukan pekerjaan yang baik, dan bisa membuat klien anda bahagia, maka besar kemungkinan dia akan ingin memberitahu teman-teman mereka tentang pelayanan anda. walaupun trik ini sudah sangat lama namun, trik ini masih menjadi salah satu yang terbaik.

26% - Testimonial klien


Klien yang senang adalah penggemar terbaik anda, maka dari itu anda harus meminta mereka untuk memberikan testimoni tentang seberapa baik Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk memperluas jaringan pribadi Anda.

14% - Tawarkan bantuan desain secara gratis gratis


Menawarkan layanan gratis dapat membantu anda bergerak maju. Strategi ini bisa dibilang tidak memiliki resiko dan namun termasuk cara yang licik untuk mengambil keuntungan.

10% - Menulis blog


Blogging dapat menyampaikan semangat untuk subjek Anda dan pekerjaan Anda. Jadi, teruslah menulis dan terus lakukan!

7% - SEO


Jika orang tidak dapat menemukan Anda, bagaimana mereka akan mempekerjakan Anda ? Melakukan beberapa pencarian dasar pekerjaan rumah tangga dapat melakukan keajaiban untuk visibilitas online Anda.

7% - Menulis untuk publikasi di Media


Publikasi membantu segmen status Anda sebagai ahli (dan kadang-kadang anda bisa mendapatkan beberapa rupiah juga). Jadi, jangan terlalu cepat untuk mengabaikan media cetak, karena ini termasuk sebagai cara terbaik untuk meningkatkan profil Anda dan basis klien.

4% - Menulis ebook


Menulis ebook dapat menunjukkan kepada dunia bahwa Anda adalah professional dalam bidang subjek yang Anda kuasai. Dan, jika Anda ingin mendapatkan keuntungan yang lebih, maka anda bisa memberikan ebook itu secara gratis.

1% - Buat kursus online


Berbagi keterampilan adalah cara yang bagus untuk membesarkan nama Anda di luar sana. Anda bisa menulis beberapa tutorial HTML atau Jquery atau apapun yang anda kuasai, atau membuat beberapa video tutorial, walaupun hanya mendapatkan persentasi paling sedikit namun bukan berarti cara ini tidak efektif.

Setelah mengetahui bahwa WOM(Word of Mouth) merupakan cara terbaik dalam mendapatkan klien, pertanyaan selanjutnya “Bagaimana memaksimalkan WOM(Word of Mouth)” ? Berikut beberapa tips langkah yang harus coba lakukan :

  1. Membuat website / portfolio
    Memisahkan website personal dan bisnis Ada 2 jenis website / portfolio yang dapat dibuat, yaitu personal dan bisnis. Keduanya dapat saling membantu dalam mendapatkan calon klien baru. Saat ini kami menggabungkan antara web personal serta bisnis jagodesain.com , namun alangkah baiknya jika mampu rekan-rekan dapat memisahkan kedua jenis website ini. Adapun web personal, lebih kepada personal branding (tulisan, sharing pengalaman, otobiografi). Kedua, untuk website bisnis difokuskan kepada bisnis yang sedang rekan jalani.
  2. Portfolio hasil karya secara dinamis
    Menampilkan portfolio secara dinamis Dalam poin nomor 3 diatas yang menyebutkan tentang jasa konsultasi atau desain gratis yang dimaksud ialah project yang tidak begitu memakan waktu lama. Keuntungan bagi desainer yaitu mereka dapat menampilkan desain-desain yang baru setiap waktunya. Dengan banyaknya bahan portfolio ini, maka secara tidak langsung calon klien akan melihat keberlangsungan bisnis anda.
  3. Exist di website khusus desain
    Meningkatkan eksistensi di website khusus desain Ada beberapa website komunitas, serta portfolio online khusus desain grafis. baiknya anda sharing hasil karya di website seperti Behance, Dribble, kreavi, kaskus, pinterest. Lebih banyak lebih bagus dan lebih menaikkan presentase rekan-rekan dalam mendapatkan calon klien baru.
  4. Sharing ke Social Media
    Sosial media tetap berperan penting dalam mendapatkan klien baru. Facebook, twitter, google+, instagram merupakan social media yang harus anda pakai untuk sharing hasil desain. Dalam hal keefektivitasan socmed mana yang paling bagus? Masing-masing punya market yang berbeda satu sama lain. Umumnya di Indonesia Facebook masih menjadi primadona untuk mempublikasikan bisnis ke semua orang, namun secara market jasa desain lebih cenderung instagram yang lebih baik. Karena selain socmed ini fokus terhadap visual, kita juga membuat video 15 detik.
  5. Silaturahmi
    silaturahmi merupakan salah satu cara untuk membuka pintu rezeki dan berpahala pula bagi orang yang silaturahmi. Seorang desainer grafis tetaplah seorang manusia yang perlu bersosialisasi.

Terakhir dengan silaturahmi akan mempermudah calon klien mengenal siapakah kita. Berdasarkan pengalaman, sikap seseorang atau attitude merupakan salah satu faktor penting dalam karir. Begitu pula dengan bisnis desain grafis ini, sikap atau attitude menjadi WOM(Word of Mouth) yang paling kuat dalam menjalankan usaha. Namun perlu diingat, menjalankan poin nomor 1-4 akan semakin meningkatkan WOM(Word of Mouth) bagi usaha kita.

sumber 1, sumber 2