Tutorial Membuat Font Menggunakan Inkscape dan FontForge

Bagi seorang desainer grafis, font merupakan salah satu hal penting dalam menghasilkan desain yang baik dan kreatif. Banyak sekali font gratis yag dibagikan setiap bulannya, namun tentu saja mencoba hal baru adalah sebuah tantangan yang membangun bagi desainer grafis, jika biasanya Kita hanya mendownload font secara gratis di internet, maka kali ini kita akan belajar membuat font itu sendiri step by step menggunakan Inkscape dan FontForge. Tentu akan menjadi hal yang sangat membanggakan jika font yang kita buat terpampang dalam hasil desain kita, bahkan kemungkinan besar kita juga bisa menjual font tersebut atau membagikannya secara gratis sebagai porftofolio kita.

Banyak sekali software lain yang bisa digunakan untuk membuat font diantaranya Fontlab, Font Creator Professional dll, tapi beberapa software tersebut tidak gratis harus membeli nya dulu untuk bisa menggunakannya. Namun software yang kita pakai kali ini adalah software font maker gratis "FontForge" dan kabar baikknya software ini di singkronasi dengan Inkscape. Walaupun penulis juga tidak begitu faham cara menggunakannya tapi setidaknya kita tau caranya.

Baca Juga :





Berikut tutorial cara membuat font menggunakan Inkscape dan FontForge :
(Artikel ini akan dibagi menjadi dua bagian silakan baca artikel lanjutannya untuk mempelajari tutorial secara keseluruhan)

Persiapan Membuat Font

Pertama bagi yang belum memiliki softwarenya silahkan download di link di bawah ini :


Untuk pertama kali setelah di instal buka software Inkscape, software FontForge dipakai terakhir.

TAHAP PERTAMA


  1. Buka software Inkscape
    Untuk pengenalan dan cara dasar menggunakan software Inkscape akan di bahas di artikel berbeda, tutorial ini hanya menunjukkan cara membuat font tidak menunjukkan bagaimana cara menggunakan software nya. atau Anda juga bisa mencari tutorialnya di youtube atau blog lain karena sudah banyak yang memberikan tutorial mengenai cara memakai software Inskcape.

    Inkscape Software
    Tampilan awal software Inkscape

  2. Kemudian buat halaman baru untuk mendesain font yang Anda inginkan. Caranya silahkan pilih Extensions > Typography > Setup Typhography Canvas. Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini :

    Inkscape Software - Setup Typhography Canvas

    Silahkan atur sesuai keinginan Anda, tapi jika dirasa belum dipahami silahkan dibiarkan saja karena setingan default itu sudah sesuai standar untuk membuat font. Selanjutnya klik Apply sampai muncul tampilan seperti ini :

    Inkscape Software - Extension Typography

    Perlu diingat bawah dalam font selalu terdapat huruf besar dan huruf kecil. Jangan sampai penempatannya salah, karena masing-masing sudah ada jarak tersendiri. Lebih jelasnya bisa dilihat di tampilan bawah ini :

    Inkscape Software - Small and Large Font

TAHAP KEDUA


Pada tahap ini kita akan memulai mendesain font yang kita inginkan. Silahkan Anda desian font dari huruf A sampai Z dan seterusnya termasuk angka dan simbolnya jika diperlukan, jika sudah selesai silahkan Save hasil desain Anda. Berikut contoh desain font yang sudah selesai :

Inkscape Software - Font Design

Inkscape Software - Font Design

Semua font yang Anda buat tergantung keahlain atau skill pribadi masing-masing tentu saja tidak bisa langsung mendapatkan hasil bagus, semuanya harus di pelajari bertahap dan latihan yang panjang. Secara garis besar seperti diatas adalah hasil font yang sudah di desain.

TAHAP KETIGA


Pada tahap ini kita akan mengsingkronkan karakter huruf sesuai dengan hurufnya agar bisa terbaca ketika kita buka di FontForge nantinya. Caranya seperti berikut:

  1. Pertama-tama pilih Text > SVG Font Editor akan muncul tampilan seperti ini disamping layar

    Inkscape Software - SVG Font Editor

  2. Lalu kita buat huruf satu persatu agar nantinya singkron, ikuti cara dibawah ini :

    Inkscape Software - SVG Font Editor

    Penjelasan :

    • Klik New
    • Klik Font 1
    • Klik Glyphs
    • Klik Add Glyph
    • Kemudian buat huruf dari A sampai Z dan karakter huruf lainnya. (Ingat setiap menambah huruf harus klik Add Glyph dan harus ada 2 ya. Satu samping kiri dan satu samping kanan).

  3. Setelah semua selesai, baru kemudian kita singkronkan setiap huruf yang Anda desain tadi melalui SVG Font Editor. Caranya seperti ini:

    Inkscape Software - SVG Font Editor

    Penjelasan :
    • Pertama-tama letakkan terlebih dahulu huruf yang sudah Anda desain di halaman typography tadi, Kemudian klik hurufnya
    • Klik huruf A jika yang sudah Anda desain adalah huruf A, begitu pula seterusnya. Ingat jangan sampai tertukar
    • Kemudian klik Get curve from selection dan selesai. Silahkan diulangi pada huruf-huruf yang lain.
    • Preview Text berfungsi untuk menampilkan apakah fontnya sudah singkron atau belum.

Sampai disini font Anda sudah hampir selesai. Pada tutorial bagian selanjutnya kita akan mulai menggunakan software FontForge, Anda akan belajar bagaimana mengexport font dari Inkscape ke FontForge.

Sumber : https://graphicfresh.com/cara-membuat-font-menggunakan-inkscape-dan-fontforge/