Apa itu Microstock - Pengertian Microstock

Microstock bukan merupakan hal baru, sejak pertama kali muncul sekitar tahun 2003 microstock sudah banyak menyita perhatian terutama bagi pelaku industri kreatif maupun fotografi. Pengertian Microstock bisa dikatakan merupakan salah satu wadah bagi pelaku industri kreatif untuk menjual karya-karya mereka, namun tidak seperti toko online biasanya microstock menggunakan sistem royalti, jadi para kreator akan dibayar berdasarkan jumlah total karya mereka yang sudah di unduh oleh pengguna microstock lainnya.

Semua pasti sudah kenal apa itu Microstok terutama di kalangan desainer grafis. Tapi banyak orang yg TIDAK faham seberapa serius ini bisa menjadi sumber pendapatan. Untuk lebih lanjut simak penjelasan di bawah ini :

Baca Juga :





Apa itu Microstock ?

Pengertian Microstock
Apa itu Microstock - Penjalasan Tentang Microstock

Microstock adalah sebuah bisnis online untuk mendapatkan extra income (pemasukan ekstra) dari perusahaan/agensi microstock, populer dengan sebutan Microstock Site Companies atau Microstock Agencies. Perusahaan ini menyediakan berbagai macam foto, illustrator dan video dalam bentuk RF (Royalti Free). Singkat kata mereka sebagai image banks atau gudangnya gambar.
Microstock Indonesia

Artist / Mocrostocker (biasa disebut contributor yaitu orang yang berkontribusi menjual gambarnya di perusahaan microstock) menjual hasil karya mereka berupa image foto, ilustrasi maupun footage kepada Agensi Microstock dan mendapat komisi dalam bentuk US Dollar. Siapa saja bisa bergabung kedalam bisnis ini baik itu pemula, professional atau yang sekedar hobi photography jika memenuhi syarat dan ketentuan yang telah di ajukan agensi.

Agensi bisa menjual sebuah image berkali-kali tidak ekslusif untuk satu pembeli saja, jadi keuntungan akan didapatkan terus -menerus selama stock image tersebut diunduh atau dibeli oleh pengguna microstock. Royalti Free berarti Pembeli/pengunduh bisa menggunakan image tersebut beberapa kali di berbagai media tanpa menyalahi aturan, tetapi tetap tidak boleh menjualnya kembali dan hak cipta tetap dimiliki oleh sang Artist / Contributor Mocrostock bukan milik agensi.

Cara kerjanya kurang lebih seperti ini :
  • Anda seorang Artist berminat untuk menjadi kontributor microstock dan mendaftar (Gratis),
  • Agensi akan meminta Anda untuk mengupload bebera image/gambar untuk ditinjau apakah memenuhi syarat sebagai kontributor atau tidak,
  • Setelah disetujui Anda dapat segera mengupload image/gambar untuk dijual,
  • Begitu gambar-gambar Anda online di perusahaan microstock tersebut, pengunjung akan mengunduh (download) gambar tersebut dan Anda akan mendapatkan keuntungan per gambar yang di unduh/download.

Pada tahap awal tiap gambar yang diunduh akan dihargai sekitar $0.3 sampai 5 USD per download, memang terlihat sedikit tapi tentu gambar Anda bisa diunduh beberapa kali oleh orang yang berbeda, bayangkan saja jika dalam satu minggu terdapat 100 orang yang mengunduh gambar Anda, maka Anda bisa kalikan sendiri berapa banyak penghasilan yang Anda dapatkan. Hal ini lebih terlihat nyata ketimbang mengikuti kontes desain yang tingkat kemenangannya kecil, untuk penghasilan jangka panjang microstock menjadi jauh lebih unggulkan.

Baca : Alasan Kenapa Harus Berhenti Mengikuti Kontes Desain Sekarang Juga!

Kenapa Microstock Tidak Populer Terutama Di Indonesia ?

Apa itu Microstock - Microstock Tidak Populer di Indonesia

Jika dibandingkan dengan bisnis desain lainnya seperti kontes desain, bisnis menjual template website atau menjual font, microstock kalah jau popularitasnya bahkan bisa dihitung jari orang-orang dari Indonesia yang menjadi kontributor microstock. Bahkan dari segi User pun (pengguna / pendownload gambar microstock) sangat sedikit, mungkin beberapa alasan dibawah ini menjadi penyebab tidak populernya microstock terutama di Indonesia :

  1. Pembajakan masih menjadi hal yang umum di Indonesia, kebanyakan orang pasti akan berkata "Kenapa harus beli image/gambar jika bisa cari di Google secara gratis?". Tampaknya pihak agency pun menyadari akan hal ini, maka dari itu Indonesia tidak masuk target market mereka, negara-negara maju terutama Eropa, Amerika dan Asia Timur menjadi target marget agency microstock karena disana mereka benar-benar menghargai hak cipta orang lain. Mungkin di wilayah Asia Tenggara masih sedikit kesadaran tentang menghargai hak cipta, tapi semoga saja kedepannya seiring waktu bisa menuju kesana.
  2. Harga perdownloadnya relatif murah. Seperti yang disinggung di atas, setiap image yang di download oleh pengguna microstock Anda hanya akan mendapatkan sekitar $0.3 sampai $5 USD saja. Mungkin sekitar 5000 Rupiah ! pergambarnya, harganya jauh lebih sedikit dibangingkan dengan harga jasa desain konvensional.
  3. Untuk menghasilkan di microstock tidak se-instan yang dibayangkan. Hasil kerja keras tidak bisa mendapatkan imbalan dalam kurun waktu dekat, dibutuhkan kesabaran, konsistensi, kualitas dan kuantias yang mampu bersainng dengan artist/creator lainnya. Tapi disaat Anda sudah mulai mempunyai portfolio yang berkualitas Anda akan mulai merasakan hasilnya. Jadi microstock tidak cocok untuk Anda yang hanya punya niat setengah-setengah dalam mengerjakannya atau Anda yang selesai membaca artikel ini dan langsung mencoba bergabung microstock, silahkan cari informasi lebih lanjut tentang cara bergabung, dan tips lainnya dahulu, banyak situs web lain yang sudah membahasnys.

    Berapa kualitas dan kuantitas yang dibutuhkan untuk menghasilkan beberapa dollar dalam sebulan ?
    Menurut beberapa sumber untuk menghasilkan setidaknya 100 USD perbulan dibutuhkan minimal portfolio ±350 vector. maka dari itu dibutuhkan kualitas dan kuantitas serta kesabaran untuk bermain di Microstock. Memang terlihat berat diawal untuk mengumpulkan karya sebanyak itu, tapi jika dijalani dengan sabar pasti tidak akan terasa, hilangkanlah sifat Mind Blocking dan menganggap Anda tidak mampu.

    Hasil tidak akan menghianati kerja keras, di Micsotock Anda tidak perlu melakukan hal-hal tambahan seperti revisi desain, penambahan elemen dan sebagainya yang terpenting gambar yang Anda hasilkan bagus serta kira-kira dibutuhkan oleh orang lain maka sudah cukup.

Bagaimana Cara Mendaftar Menjadi Kontributor Microstock ?

Apa itu Microstock - Cara mendaftar Microstock

Dalam artikel ini tidak akan dijelaskan secara rinci bagaimana cara mendaftar di Microstock, yang pasti menjadi kontributor microstock GRATIS hanya perlu memenuhi syarat dan ketentuan yang diajukan oleh Agency Microstock bersangkutan. Yang perlu Anda siapkan adalah passport, email yang realibel/email utama Anda yang mudah untuk dihubungi, mengisi form yang disediakan dengan data asli, termasuk Nama, Tanggal lahir, Nationality dan lainnya. Siapkan Username yang fix karena akan susah diganti kedepannya.

Berikut adalah beberapa Agency Microstock yang sudah terkenal, Anda bisa mendaftarkan diri Anda di beberapa agency ini :

Dan masih banyak agency microstock lainnya, silahkan cari informasinya di internet. Untuk tips dan trik menjadi Microstocker handal kami menyarankan Anda untuk membaca kumpulan artikel disini, yang ditulis di artikel tersebut tidak menjamin Anda menjadi seorang Microstocker sukses tapi setidaknya memberikan Anda jalan menuju kearah itu.

Bagaimana Metode Pembayaran Microstock ?

Setiap agency memiliki kebijakan berbeda, namun rata-rata metode pembayaran yang mereka gunakan adalah Paypall, Moneyskrill dan Bank Check. Anda bisa memilih metode mana yang menurut Anda lebih mudah.

Apa Keuntungan yang Didapatkan Dari Bermain Microstock ?

Apa itu Microstock - Keuntungan Mendaftar Microstock

Memang jika dilihat dari nilai perdownloadnya hasil yang didapatkan sangat sedikit, Yang digaris bawahi dari microstock Adalah penghasilan yang berkesinambungan atau terus menerus dan pasti. Seperti bermain Adsense, yang perlu Anda lakukan adalah terus berkarya dan menghasilkan konten baru tanpa ada tekanan dari klien atau lainnya.

Jika portfolio yang Anda hasilkan sudah banyak kemungkinan Anda bisa mendapatkan 10-20 download perhari dan bahkan bisa lebih banyak lagi, bayangkan berapa banyak download yang bisa Anda dapatkan dalam sebulan, Anda akan menerima penghasilan secara terus menerus perbulannya. Saatnya menjual hasil karya Anda sendiri !

Kenapa Harus Memulai Bisnis Microstock ?

Apa itu Microstock - Alasan Harus Memulai Bisnis Microstock

Kami tidak menyuruh Anda untuk harus menjadi microstocker terutama bagi Anda seorang desainer grafis (disini kami hanya mereview-nya saja), semua keputusan ada ditangan Anda. pikirkan dengan matang terlebih dahulu mengingat Microstock bukan bisnis instant dan butuh usaha keras untuk medapatkan hasil. Tapi disini kami hanya memberikan perbandingan, ketimbang mengikuti sebuah kontes desain yang kesempatan menangnya sedikit(belum nyata) serta menyita waktu Anda belum termasuk revisi desain yang harus Anda kerjakan sebelum mendapatkan bayaran jika menang, lebih baik Anda menjual karya Anda dan benar-benar menghasilkan secara nyata dan pasti.

Kami tidak mengatakan kontes desain itu tidak baik memang sedikit buruk untuk desiner grafis dan klien lebih diuntungkan, anggap saja ada 100 orang yang mengikuti kontes desain dan yang dipilih hanya 1 orang berarti 99 orang lainnya tidak menghasilkan apa-apa bukan?. Tidak hanya microstock, banyak cara lain yang bisa Anda lakukan dalam menjual karya Anda, seperti menjual desain di dalam bentuk kaos melalui Teespring, Teepublic dan lainnya, atau bisa belajar membuat font, template dan menjualnya.

ingat! Anda berbisnis (termasuk desain grafis) untuk masa depan, maka mulailah berfikir untuk berinvestasi jangka panjang melalui karya Anda. Baca : Alasan Kenapa Harus Berhenti Mengikuti Kontes Desain Sekarang Juga!

Referensi : stockuang.com/2015/08/apa-itu-microstock.html