Hal Penting Dalam Membangun Brand Identity

Persaingan bisnis tidak mengenal ampun dan belas kasih, karna itu saat ini setiap perusahan berusaha keras untuk menciptakan Identitas Merek atau Brand yang unik dan berbeda untuk produk mereka.

Brand Identity yang kuat akan berdampak pada interaksi dengan pelanggan yang baik serta penjualan yang semakin meningkat dalam waktu jangka panjang. Pada dasarnya identitas brand yang baik akan menempa hubungan emosional dan nilai kepercayaan yang kuat dengan konsumen, hal ini menjadikan Brand Identity sebagai faktor utama yang membuat produk Anda terlihat menonjol diantara produk pesaing lain.

Lantas bagaimana cara membangun/mendirikan Brand Identity yang baik ? banyak sekali tips-tips yang bisa Anda lakukan salah satunya adalah mempekerjakan seorang yang memang sudah ahli dibindang ini. Atau anda bisa merancangnya sendiri berdasarkan persepsi dan pengalaman Anda, jika itu pilihan Anda maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda membangun Brand identity(Identitas Merek) Anda.

Baca Juga :





1. Kenali Produk dari Brand Tersebut

Hal Penting Dalam Membangun Brand Identity - Kenali Produk dari Brand Anda

Maksudnya adalah ketahui apa, kenapa dan untuk siapa produk Anda dibuat, miliki pengetahuan yang menyeluruh tentang produk dari Brand Tersebut ( yang ingin dibuat brand identitynya ). Baik itu nilai-nilai yang dimaksudkan, faktor-faktor yang membedakan produk Anda dengan pesaing atau ciri-ciri lain yang akan ditampilkan pada Produk Tersebut.

Unsur-unsur ini mendefinisikan kepribadian inti Brand Anda dan karenanya memiliki pengetahuan yang memadai tentang hal itu adalah mutlak. Mengenal produk Anda membutuhkan banyak instropeksi diri yang mendalam serta kesabaran karna itu jangan terburu-buru dalam hal ini. Jika Anda sudah mengetahu tentang produk Anda maka perhatikan hal selanjutnya yaitu

2. Riset Pasar Secara Menyeluruh

Hal Penting Dalam Membangun Brand Identity - Riset Pasar Secara Menyeluruh

Melakukan riset pasar yang komprehensif akan mempermudah Anda memahami tentang target konsumen Anda. Dengan riset pasar Anda akan tahu apa yang calon konsumen atau target market Anda harapkan dari produk Anda. Data penting seperti rincian apa yang konsumen suka dan tidak sukai, pandangan mereka pada produk pesaing lain, tingkat keinginan mereka untuk membeli produk Anda, dan sebagainya hanya bisa di dapatkan dengan melakukan riset pasar secara menyeluruh.

Detail ini akan sangat membantu Anda dalam merancang Brand Identity produk atau merek yang Anda bangun, maka dari itu jangan pernah remehkan hal ini karena semua perusahaan besar pun juga melakukan riset pasar semisal uji coba produk mereka sebelum launch produk ke publik.

3. Jangan Pernah Meremehkan Pentingnya Sebuah Desain Logo

Hal Penting Dalam Membangun Brand Identity - Pentingnya Sebuah Desain Logo

Bukan hal yang berlebihan untuk mengatakan bahwa logo merupakan sebuah jiwa dari Brand Identity produk apapun. Logo bertindak hampir seperti tanda pengenal sebuah produk atau perusahaan, oleh karena itu ciptakanlah logo yang mudah diingat konsumen tidak perlu logo yang 'Wah! atau terlalu banyak ornamen yang tidak penting' Just make it simple namun tetap perhatikan hal penting dalam merancang logo seperti warna dan lainnya.

[ Baca : 25 Tutorial Dan Tips Membuat Logo Profesional ]

Anda bisa menyewa seorang desainer professional yang ahli dibidang ini untuk merancang logo yang Anda inginkan, walaupun mengeluarkan budget lebih tapi hal itu sepadan dengan hasil yang Anda dapat. Atau jika dana Anda tidak cukup Anda bisa merancang sendiri logo produk Anda dengan cara mencari inspirasi terlebih dahulu seperti menjelajah di Pinterest, Behance dan lainnya, Jika sudah ada budget lebih barulah minta seorang desainer untuk menyempurnakan logo Anda.

4. Warna yang Eye-catching

Hal Penting Dalam Membangun Brand Identity - Pemilihan Warna yang Tepat

Tanpa warna yang menarik logo tidak akan terlihat mengesankan, sangat penting untuk menggunakan palet warna yang tidak hanya membuat logo Anda terlihat memukau dari segi visual tetapi juga cocok dengan produk dan target pasar Anda. Pemilihan kombinasi warna yang tepat akan berimbas pada terlihat lebih menonjolnya produk Anda dibanding produk pesainng.

Cobalah mulai eksplor dan cari tau lebih mendalah tentang fungsi dan filosofi warna, cari juga inspirasi palet warna yang cocok untuk logo brand Anda bisa melalui Pinterest ataupun Adobe Color, ini akan membantu Anda menentukan pilihan warna yang pas serta sesuai dengan produk Anda.

5. Pemilihan Tipografi yang Baik

Hal Penting Dalam Membangun Brand Identity - Pemilihan Tipografi yang Baik

Sama halnya dengan warna, pemilihan jenis huruf atau Font yang benar dalam merancang Brand Identity yang baik tak kalah penting. Malah hal ini bisa meningkatkan atau menghancurkan Identitas merek Anda jika tidak diperhatkan secara serius.

Lantas jenis huruf atau Font seperti apa yang cocok dan sempurna untuk digunakan dalam merancang Brand Identity ? Pada dasarnya ini tergantung dari jenis produk apa yang Anda tawarkan kepada konsumen, apakah produk makanan, produk kecantikan atau lainnya. Sebagai contoh, jika Produk yang Anda jual adalah berupa produk makanan, maka font yang paling cocok untuk logo Anda adalah jenis font yang strong/bold agar desain logo Anda terlihat mencolok dan jelas terbaca.

6. Pentingnya Situs Web dan Sosial Media Pendukung

Hal Penting Dalam Membangun Brand Identity - Pentingnya Situs Web dan Sosial Media

Di era digital ini, situs web dan media sosial adalah aspek paling representatif yang menunjang promosi produk Anda, tentu Brand Identity yang baik tapi tanpa dibarengi dengan promosi hasilnya tidak akan maksimal bukan. Media promosi cetak seperti brosur dan sebagainya adalah cara kuno (bukan berarti sudah tidak dipakai), pada era ini cara terbaik untuk mempromosikan produk adalah dengan bantuan sosial media dan internet.

Untuk itu buatlah situs web dan media sosial seperti facebook, instagram dan sebagainya untuk produk Anda, hal ini secara tidak langsung juga meningkatkan citra Brand Anda dikalangan konsumen.