Efek Grain and Noise di CorelDRAW

Salah satu kekurangan dari CorelDRAW adalah tidak tersedianya plugin untuk menginstal efek tambahan yang diinginkan seperti pada illustartor, diantaranya juga yaitu sulitnya menggunakan Artistic Media Tools pada CorelDRAW, perlu latihan khusus untuk mempelajarinya. Kami suda mencoba mengotak-atik tools tersebut agar bisa menghasilkan efek grain dan noise dalam bentuk vector tapi tetap sulit.

CorelDRAW menyediakan efek noise, sayangnya efek tersebut bisa digunakan dalam bentuk bitmap yang tentu saja akan membuat ukuran file semakin membesar serta warna dari efek noise tersebut yang tidak bisa dirubah. Toturial yang akan di jelaskan pada artikel ini adalah "bagaimana cara membuat efek grain dan noise dalam bentuk vector yang bisa diubah warna dan ukurannya" terinspirasi dari sebuah video youtube yang menerangkan cara menambahkan efek grain dan noise pada illustrator dengan sangat mudah.

Baca Tutorial Lainnya :




Detail Tutorial
Program : CorelDRAW
Tingkat Kesulitan : Sedang
Perkiraan Waktu : 50 Menit

Inspirasi



Berdasarkan video tersebut kami pun memcoba bereksperimen untuk menghasilkan efek yang sama dengan menggunakan CorelDRAW mengingat masih banyak pengguna software tersebut di Indonesia. Perlu diingat kembali, CorelDRAW tidak menyediakan fitur untuk menambahkan efek grain dan noise dalam bentuk vector, maka dari itu kita akan membuatnya secara manual. Bagaimana caranya ? simak tutorial ini sampai selesai !

Tutorial ini lumayan mudah jika Anda mengikuti step by step dari awal, tapi mungkin proses pengerjaannya akan sedikit memakan waktu mengingat kita membuatnya secara manual.

Alat / Tools yang Dibutuhkan

Efek Grain and Noise di CorelDRAW - Tools yang Dibutuhkan

Untuk menyelesaikan tutorial ini perlu menyiapkan dan menggunakan beberapa perlengkapan serta tools yang terdapat pada CorelDRAW diantaranya :

  1. Hardware
    • Mouse
    • Pentab (alternatif)
  2. Noise Texture
    Efek Grain and Noise di CorelDRAW - Noise Texture

    Template teksture ini bisa Anda download beserta bahan tutorial lainnya pada link download di akhir tutorial ini

Tutorial

Efek Grain and Noise di CorelDRAW - Sample Flat Design

Kami telah menyiapkan vector mentah berupa Flat Design sederhana sebagai bahan pembelajaran. File bisa di download di link di bawah tutorial

1. Drag and Drop

Inti dari tutorial ini sebenarnya cukup sederhana hanya perlu menduplikasi file texture yang sudah disediakan ke tempat yang Anda kehendaki. Mula-mula Import file texture yang tersedia melalui menu Import > Pilih File (ctrl + i).

Efek Grain and Noise di CorelDRAW - Tutorial Import File

Atau cara mudahnya tinggal Drag & Drop file teksturnya ke lembar kerja CorelDRAW

2. Duplicate

Langkah selanjutnya pilih objek yang ingin Anda beri efek grain dan noise nya, Jika kesulitan Anda bisa memberikan garis bantu untuk batas teksturnya.

Efek Grain and Noise di CorelDRAW - Tutorial Duplikat Tekstur

Duplikat teksture noise nya sehingga memenuhi batas tekstur yang sudah ditentukan tadi dengan cara Klik Kiri dan Tahan pada mouse, kemudian geser kesamping (seperti drag and drop) lalu Klik Kanan. Lakukan cara tersebut berulang-ulang, kurang lebih hasilnya akan menjadi seperti dibawah ini :

Efek Grain and Noise di CorelDRAW - Tutorial Duplikat Tekstur

3. Powerclip

Seleksi semua tekstur hasil duplikat tadi dengan cara pegri ke Object Manager ( sebelah kanan ) > seleksi semua tekstur, tekan ctrl + g untuk group semua tekstur dan beri warna tekstur noise-nya serasi/sesuai dengan warna object utamanya, seperti pada gambar dibawah :

Efek Grain and Noise di CorelDRAW - Tutorial Powerclip Tools

kemudian klik Object pada menu bar dan klik Powerclips > Place Inside Frame... arahkan mouse ke objek utamanya ( yang ada di belakang tekstur ) dan Klik Kiri hasilnya akan seperti digambar ini :

Efek Grain and Noise di CorelDRAW - Tutorial Powerclip Tools

Alternatif lain Anda bisa menggunakan fitur Intersect pada Shapping Tools agar file corelnya menjadi lebih ringan, silahkan pelajari cara memakai Shapping Tools disini.

Pada tahap ini tutorial sudah selesai, Anda bisa lakukan cara diatas berulang-ulang pada objek yang Anda inginkan sesuai kreasi Anda, tentu saja jika dilihat akan sangat merepotkan membuat efek ini secara manual tak semudah seperti di Illustrator, tapi itu semua kembali tergantung dari Anda jika mau berusaha lebih maka pasti bisa menyelesaikannya, hasil dari tutorial ini bisa di perhatikan pada gambar dibawah ini :

Efek Grain and Noise di CorelDRAW - Tutorial Grain and Noise CorelDRAW
Sebelum dan Sesudah Diberi Efek Noise

Download

Sebagai bahan eksperimen silahkan download file mentah dari tutorial ini melalui link di bawah ini :


File Information
File Name //Tutorial Efek Grain & Noise pada CorelDRAWFile Type //Rar, CdrFile Size //600 kb
Download

Jika ada yang tidak Anda fahami silahkan tanyakan pada kolom komentar, Semoga bermanfaat.

Contoh Penerapan Efek Noise Pada Objek Lain


Efek Grain and Noise di CorelDRAW - Tutorial Grain and Noise CorelDRAW
Efek Grain and Noise di CorelDRAW - Tutorial Grain and Noise CorelDRAW