Cara Membuat CV Yang Menarik Untuk Lamaran Kerja

Pengertian dan Penjelasan Singkat Resume / CV (Curriculum Vitae)

Resume / CV adalah rangkuman dari keahlian, pengalaman, informasi kontak (nama, email & alamat), dan latar belakang pendidikan Anda, serta penghargaan / pencapaian yang pernah anda dapat atau prestasi apa saja yang telah anda capai selama ini yang ditulis dalam dua halaman atau lebih. Terkadang juga disertakan informasi tambahan lainnya yang berhubungan dengan posisi perkerjaan yang hendak di lamar dan portofolio hasil kerja sebelumnya.

Resume atau CV (Curriculum Vitae) hampir dimiliki oleh semua orang terutama yang ingin / sedang melamar pekerjaan. Karena sangat penting dan berguna, benda ini menjadi hal yang wajib dimiliki oleh setiap orang yang hendak melamar pekerjaan, banyak sekali keuntungan yang didapat dari resume.

Namun, terlepas dari semua itu sampai saat ini masih banyak calon pekerja yang memiliki CV / Resume ala kadarnya(seadanya) hanya diketik melalui Word dan di print dengan tampilan yang standar (kurang menarik), tentu saja membaca resume seperti itu adalah hal yang sangat membosankan dan bagian terburuknya resume tersebut mungkin akan berakhir di tempat sampah.

"Perushaan mencari kandidat yang relevan dan sesuai dengan jabatan yang kosong"

Padahal jika seandainya mau berpikir lebih kreatif lagi dengan mengubah sedikit tampilannya menjadi lebih menarik maka kemungkinan resume anda diterima akan lebih besar. Karena sama halnya dengan sebuah brosur atau poster, secara logika tampilan Resume / CV yang menarik dan dengan paduan warna dan layout yang bagus bisa lebih mendorong keinginan orang untuk membacanya dari pada Resume yang di buat seadanya.

Lihat Juga :





Daftar Isi
  1. Alasan Pentingnya Menyusun Resume yang Baik Dalam Karir Anda
  2. Isi CV Secara Umum
  3. Aturan Dalam Membuat CV Yang Baik Agar Diterima Di Perusahaan Yang Diinginkan
  4. Tips Menulis CV yang Baik dan Benar
  5. Tips Membuat CV Tanpa Pengalaman kerja
  6. Download Template CV Berkualitas Dalam Format Word

Alasan Kenapa Harus Membuat Curriculum Vitae yang Baik dan Menarik

Alasan Pentingnya Menyusun Resume yang Baik Dalam Karir Anda


Membuat Resume / CV yang baik merupakan sebuah tantangan yang berat bagi seseorang yang ingin mencari pekerjaan. Kebanyakan orang hanya berkonsentrasi pada isi konten Resume mereka dan menghabiskan sedikit waktu atau bahkan mengabaikan desain dan layout-nya (tata letak), padahal hal itu juga harus diperhatikan. Memang isi Resume / CV yang baik penting untuk meningkatkan peluang wawancara kerja, Tapi desain dan layout Resume juga sama pentingnya. Berikut alasannya :

  1. Kesan Pertama
    Banyak perusahaan yang benar-benar menilai buku dari sampulnya. Terutama jika perusahaan yang Anda tuju menerima ratusan CV untuk lowongan yang sama. Bagaimana perusahaan Anda bisa memilih Resume / CV Anda untuk dipertimbangkan jika CV Anda tidak terlihat baik dan menonjol dibanding tumpukkan CV lain ?

  2. Menunjukkan Apakah Anda Cukup Profesional
    Saat perusahaan menerima dan melihat Resume / CV Anda, secara otomatis mereka akan membuat beberapa keputusan. Meluangkan waktu untuk mendesain CV Anda akan menunjukkan keseriusan dan keprofesionalan Anda untuk pekerjaan ini.

  3. Mudah Dicari
    Mendesain Resume / CV Anda mampu mempermudah perusahaan mencari CV tersebut di antara tumpukan yang ada karena CV Anda terlihat berebda dari yang lain.

  4. Menujukkan Apakah Anda Tertata
    Sebuah Resume / CV yang tidak memiliki desain dan tata letak menunjukkan bahwa orang yang membuatnya tidak mempunyai kemampuan itu dan perhatian yang cukup terhadap detail. Itu adalah adalah dua atribut yang cukup untuk diperhatikan saat menilai pelamar.

  5. Stand Out
    Di antara banyaknya pelamar yang mengirimkan CV, Anda harus membuat CV Anda menarik dan mencolok sehingga perusahaan tertarik untuk membacanya dibanding yang lain.


Isi CV Secara Umum

Sebagian pelamar pasti sudah mengetahui hal ini jadi bagi yang sudah tahu bisa lompati bahasan ini. Tapi bagi Fresh Gratitude, informasi ini mungkin akan sangat menolong sebagai panduan dalam memuat CV yang baik.

Hati-hati dalam menyusunnya dan pastikan semuanya berurutan agar tidak membingungkan orang yang membaca CV Anda. Pada umumnya isi CV secara umum adalah sebagai berikut:

  • Identitas Diri - Nama lengkap, alamat, nomor telpon dan email
  • Pendidikan Terakhir - Termasuk tahun masuk, tahun lulus serta nilai Akhir
  • Personal - Gambaran singkat diri Anda
  • Keterampilan/Skil - Keahlian yang Anda miliki, termasuk yang Anda dapatkan dari training ataupun kursus
  • Pengalaman Kerja - Informasi pekerjaan Anda sebelumnya atau penghargaan yang pernah Anda dapatkan
  • Informasi Lain - Yang berhubungan dengan Anda seperti hobi, minat dan referensi lain tentang diri Anda yang berhubungan dengan perkerjaan yang Anda lamar

Aturan Dalam Membuat CV Yang Baik Agar Diterima Di Perusahaan Yang Diinginkan

Sebelum Anda membuat CV ada baiknya perhatikan beberapa aturan dalam penulisan CV untuk meminimalkan kalimat yang Anda tulis dalam CV dan memudahkan HRD untuk membaca CV Anda.

  1. Recent (yang Terkini)
    Tidak perlu menuliskan seluruh pengalaman kerja atau pengalaman berorganisasi Anda, cukup tuliskan pengalaman terkini saja dan pengalaman yang berhubungan dengan posisi atau perusahaan yang Anda tuju.

    Contoh : Misal Anda melamar untuk posisi marketing, maka pengalaman dibidang terkait yang perlu Anda tuliskan di CV Anda

  2. Keep It Short and Simple (Kiss)
    Lima aktifitas terkini sudah cukup, tidak perlu memuat puluhan aktifitas berorganisasi atau pengalaman kepanitiaan, cukup tuliskan SMA dan tempat kuliah mencakup tahun masuk, tahun lulus serta nilai akhir.

  3. Letakkan fakta diatas fiksi
    Hindari menulis "Menguasai CorelDRAW" di CV padahal Anda tidak mengerti fungsi Trim dan Intersect. Percayalah semua yang Anda tulis kelak akan di verifikasi, begitu Anda tidak bisa menjelaskan apa yang Anda tulis maka jang harap Anda akan diterima di Perusahaan yang dituju.

  4. Jangan Lupakan Cover Letter
    Biasa disebut dengan surat lamaran adalah lembar yang harus berada diatas CV Anda dalam berkas lamaran, jangan sampai salah menulis nama perusahaan baik saat mengirim surat lamaran dalam bentuk Hard Copy ataupun Soft Copy.


Tips Menulis CV yang Baik dan Benar


Menulis CV yang memukau merupakan satu tiket emas untuk mendapatkan pekerjaan baru. Tidak hanya itu, Resume / CV juga menjadi alasan utama yang dapat membantu Anda menerima gaji dan posisi yang lebih baik. CV adalah alat marketing Anda, agar resume Anda terlihat professional, pastinya Anda perlu menulis, menyampaikan, dan menyusun CV dengan baik. Jangan lupa untuk menulis sesuatu yang membedakan Anda dengan kandidat yang lain.

Jadi bagaimana agar Resume Anda dapat diterima ? Apa yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan kesempatan interview ?

Jawabannya sangat simple: kunci dari menulis resume yang memukau adalah dengan mempromosikan keahlian yang Anda miliki, pengalaman dan pencapaiaan yang Anda dapat sehingga HRD mengerti apa yang hendak Anda sampaikan dan nilai yang bermanfaat untuk perusahaan tersebut. Berikut tips dapat Anda lakukan untuk menulis resume yang memukau:

1. Fokus pada pencapaian-bukan tugas dan tanggung jawab
HRD tidak begitu memperdulikan aktivitas sehari-hari Anda dan apa yang Anda kerjakan. Namun mereka lebih tertarik terhadap apa yang telah Anda capai dipekerjaan lama Anda. Jika resume Anda terlihat seperti sebuah catatan harian, saatnya menganti resume Anda dan fokus terhadap pencapaian yang pernah Anda terima. Penulisan pencapaian terbukti sangat efektif untuk menarik perhatian pembaca (HRD) dan membedakan resume Anda dengan kandidat lain.

Contoh dari pencapaian yang dapat Anda tulis:
  • Bagaimana Anda meningkatkan pendapatan utama perusahaan.
  • Bagaimana Anda dapat mengurangi jumlah anggaran keluar atau meningkatkan efisiensi bisnis.
  • Ide baru, inovasi dan perubahan yang dilakukan dan menghasilkan sesuatu yang positif.
  • Penghargaan khusus, gelar kehormatan atau awards.
  • Pelatihan dan mentoring

2. Gunakan contoh kuantitatif
Sama pentingnya dengan fokus terhadap pencapaian yang pernah diraih. Cara mudah untuk menunjukan prestasi dan kesuksesan Anda adalah dengan contoh. Gunakan angka, figur dan statistik untuk mendukung pernyataan Anda. Contohnya daripada menuliskan "meningkatkan penjualan, menambah besar hasil perusahaan", lebih baik menuliskan "meningkatkan jumlah penjualan menjadi 25% selama 6 bulan".

3. Gunakan kata kunci
Menggunakan kata kunci yang benar dalam Resume / CV Anda bukan hanya akan menarik perhatian pembaca (HRD) saja, namun juga akan meyakinkan mereka bahwa Anda terlihat profesional. Tentunya CV Anda tidak akan dilupakan begitu saja oleh HRD. Tingkatkan kualifikasi yang ada pada diri Anda dengan membuat CV dengan menggunakan diksi (pemilihan kata) yang benar.

Biasanya HRD hanya membutuhkan waktu 10 detik saja untuk menentukan apakah resume Anda menarik atau tidak. Rangkum kualifikasi diri Anda dengan baik pada resume Anda sebagai awal yang baik untuk memulai mencari pekerjaam impian Anda.

4. Hapus informasi tidak penting
Sebagaimana aturan menulis CV diatas, pastikan semua informasi yang ada di resume Anda bisa meningkatkan kesempatan Anda memperoleh pekerjaan impian Anda. Informasi yang tidak relevan hanya akan memenuhi resume Anda tanpa memberikan nilai tambah pada diri Anda. Contohnya jika Anda melamar untuk posisi "project manager", yakinkah bahwa resume Anda menyoroti keahlian Anda dalam hal manajemen. Ingat bahwa resume Anda adalah sebuah tiket emas, jadi pastikan bahwa resume Anda memiliki nilai lebih daripada resume kandidat lain.

Sebuah CV/resume yang menarik akan meningkatkan kesempatan Anda untuk bertemu dan menceritakan siapa diri Anda dan apa keahlian Anda kepada HRD tempat Anda melamar pekerjaan. Fokus pada resume Anda dan promosiklan diri Anda dengan baik agar kesempatan mencari pekerjaan impian semakin besar. Jika Anda telah membuat sebuah resume yang menarik, tugas Anda selanjutnya adalah melahap semua pertanyaan dari HRD dan ceritakan siapa diri Anda pada saat interview.

Sebaliknya jika CV anda terlalu penuh dengan informasi bahkan yang tidak penting, maka akan membuat mata menjadi cepat lelah ketika membacanya serta membuat HRD malas untuk melirik CV Anda.

5. Perhatikan Foto Dalam CV
Bagian terakhir yang melengkapi CV Anda adalah memperlihatkan foto dalam CV, ini bisa menjadi salah satu faktor penentu.

Perlu diingat orang yang akan membaca CV Anda tidak mengenal Anda, alhasil, "kesan pertama begitu menggoda" sangat penting disini. Karenanya gunakan foto formal dengan pose tegap dan background warna yang solid, tak harus kaku Anda juga bisa bergaya santai.

Yang penting, pastikan penampilan Anda rapi, atraktif, namun terkesan professional

6. Baca ulang CV Anda
Sebelum menyerahkan CV Anda, ada baiknya baca ulang dan periksa apakah ada kesalahan dalam penulisan atau tidak untuk memastikan CV Anda sudah tersusun rapi.

Akan sangat disayangkan jika Anda sudah susah payah mencari informasi dan referensi menulis CV yang benar dan menarik namun tidak diterima hanya karena kesalahan penulisan (typo). Usahakan mengguakan kata-kata dan kalimat bahasa Indonesia yang baku dan jelas, singkat dan efektif.

Tips Membuat CV Tanpa Pengalaman kerja


Cara Membuat CV Yang Menarik Tanpa Pengalaman Kerja

"Saya baru lulus belum memiliki pengalaman kerja, skil hanya berupa teori yang saya dapat di sekolah atau kampus. Jadi apa yang harus saya tulis dalam CV namun tetap memikat perusahaan?"

Mencari pekerjaan setelah lulus merupakan hal yang menegangkan, tidak sedikit perusahaan yang dengan berbagai alasan lebih mengutamakan Fresh Gratitude ketika membuka lowongan pekerjaan. Yang jadi masalah, Pencari kerja (yang baru lulus) bukan hanya Anda saja tetap ada persaingan dalam masalah ini.

Ada juga perusahaan yang tidak menyebutkan Fresh Gratitude lebih diutamakan namun masih tetap membuka kesempatan untuk Fresh Gratitude, tidak ada salahnya mencoba mengirim lamaran ke perusahaan tersebut, namun kemungkinan yang akan menjadi saingan Anda adalah orang yang sudah berpengalaman.

Lantas bagaimana cara agar CV Anda terlihat menonjol walaupun tanpa pengalaman kerja ? Berikut beberapa tips yang bisa di terapkan:

A. Buka baris pertama CV Anda dengan personal statement yang berkesan
Personal Statement merupakan bagian pertama yang akan dibaca oleh HRD. Jadi, buatlah personal statement sederhana tapi mengena. Bisa dimulai dengan memperkenalkan diri, almamater dan mention poin menjual dari diri Anda

B. Tulis skill yang Anda miliki pada bagian yang mudah dibaca
Pastikan CV Anda mendapat space kosong untuk menulis skill Anda pada bagian yang jelas dan mudah dibaca, karena bagian inilah yang akan Anda tonjolkan sebagai pengganti pengalaman kerja. Semakin cepat HRD tertarik pada CV mu semakin banyak pula kesempatan yang Anda miliki.

C. Sertakan sertifikat-sertifikat yang Anda dapat selama sekolah atau kuliah
Untuk ini syaratnya Anda harus rajin mengikuti banyak kegiatan, seminar-seminar ataupun kursus, tak harus sertifikat advance asal ada bukti jika memang Anda aktif dan suka belajar banyak hal.

Ini penting tidak hanya untuk Fresh Gratitude saja tetapi juga untuk pelamar yang sudah mempunyai pengalaman kerja.

D. Kegiatan Ekstrakurikuler adalah pengalaman kerja sukarela
Tidak dibayar bukan berarti Anda tidak mendapatkan ilmu tertentu, begitu juga saat Anda melakukan kerja lapangan, terlibat dalam sebuah project atau kegiatan berorganisasi. Hitunglah itu sebagai pengalaman kerja. Tuliskan juga jobdesk, ilmu dan pengalaman apa saja yang Anda lakukan.

Contoh :
  1. Kerja praktek di perusahaan X dengan jobdesk pembuatan website dan stationery perushaan
  2. Tim penulis dalam project "Lampu Nelayan". Sebuah project pembuatan generator listrik untuk nelayan yang belum tersentuh PLN, bertugas sebagai tim peneliti.
  3. Pengalaman berorganisasi di kampus dan menjabat sebagai sekretaris.

Download Template CV Berkualitas Dalam Format Word

Ingin memiliki CV yang professional ? miliki template CV gratis dalam format word, Anda hanya tinggal menambahkan foto Anda dan mengubah tulisan CV nya.

Download - Download Template CV Berkualitas Format Word

Referensi :
karir.itb.ac.id/articles/detail/180/
vistaeducation.com/news/v/ved/tips-membuat-curriculum-vitae-cv-tanpa-pengalaman-kerja