Peristiwa Penting Dalam Desain Grafis

Mengetahui sejarah tentang desain grafis bukan bagian dari poin penting untuk menjadi Desainer Grafis, tapi tidak ada salahnya kita kembali ke masa lalu untuk melihat hal atau kejadian apa yang membuat perkembangan desain grafis bisa sampai seperti sekarang.

Peristiwa-peristiwa dibawah ini adalah awal dari desain grafis, mungkin tulisan ini akan sangat membosankan untuk dibaca karena desain grafis itu bicara karya bukan sejarah, kama dari itu kami hanya menuliskan sebagian peristiwa yang kami anggap penting saja. Bagi Anda yang sedang mencari materi untuk mengerjakan tugas tulisan ini akan sedikti membantu, Kami mengutipnya dari beberapa sumber dan pada bagia akhir artikel juga kami tuliskan refrensi artikel ini.

Lihat Juga :





The Great Exhibition (1851)

Peristiwa Penting Dalam Desain Grafis - The Great Exhibition

Pameran diselenggarakan di Taman Hyde London pada bulan Mei-Oktober 1851 M disaat revolusi Industri. Pameran tersebut digelar bertujuan untuk menonjolkan perkembangan budaya dan industri, juga untuk merayakan teknologi industri dan desain. Pameran tersebut diadakan dalam bangunan berupa struktur besi-tuang dan kaca (pada masa itu sering disebut dengan nama "Istana Kristal") yang dirancang oleh Joseph Paxton.

Aristide Bruant, Toulouse Lautrec (1892)

Peristiwa Penting Dalam Desain Grafis - Aristide Bruant, Toulouse Lautrec

Pelukis post Impressionist dan Illustrator Nouveau Prancis, Henri Toulouse-Lautrex, melukiskan banyak sisi kota Paris pada abad-19 dalam poster dan Lukisan-nya yg menyatakan sebuah simpati pada ras manusia. Walaupun Lithography ditemukan oleh Alois Senefelder di Austria pada tahun 1796, namun Touluse Lautrec membantu tercapainya peleburan industri dan seni.

Constructivism (1918)

Peristiwa Penting Dalam Desain Grafis - Constructivism

Suatu pergerakan seni modern dimulai di Moscow pada tahun 1920 M, yang ditandai oleh penggunaan metoda industri untuk menciptakan obyek geometris. Constructivism Rusia saat itu berpengaruh pada pandangan modern dalam pengunaan huruf sans serif warna merah dan hitam yg diatur dalam blok asimetris.

Bauhaus (1919)

Peristiwa Penting Dalam Desain Grafis - Bauhaus

Dibuka pada tahun 1919 M dibawah arahan arsitek terkenal Walter Gropius, dan ditutup tahun 1933 M. Bauhaus menggunakan pendekatan segar untuk desain mengikuti Perang Dunia Pertama, dengan gaya yg lebih diutamakan ke fungsi bukan hiasan.

Gill Sans (1928-1930)

Peristiwa Penting Dalam Desain Grafis - Gill Sans

Tipograper Eric Gill belajar kepada Edward Johnston dan memperhalus tipe huruf Underground ke dalam Gill Sans. Huruf ini adalah jenis huruf sans serif dengan proporsi klasik dan karakteristik geometris lemah gemulai yg memberinya suatu kemampuan beraneka ragam (great versatility).

Harry Beck (1931)

Peristiwa Penting Dalam Desain Grafis - Harry Beck

Desainer Grafis Harry beck (1903-1974), menciptakan peta bawah tanah (London Underground Map) pada tahun 1931 M. Pekerjaan abstrak yg sedikit berhubungan dengan skala fisik. Harry Beck mengutamakan kebutuhan pengguna, dari bagaimana cara sampai dari stasiun satu ke stasiun yg lain dan dimana harus berganti kereta.

International Style (1950)

Peristiwa Penting Dalam Desain Grafis -  Swiss / International Style DesignPeristiwa Penting Dalam Desain Grafis - Swiss / International Style DesignPeristiwa Penting Dalam Desain Grafis - Swiss / International Style Design

Disebut Juga Swiss Style, dibuat berdasarkan prinsip revolusioner tahun 1920an seperti De Stijl, Bauhaus dan Neue Typography dan menjadi resmi pada tahun 1950an. Grid, Prinsip matematika, sedikit dekorasi dan jenis huruf "Sans Serif" menjadi aturan, serta meningkatkan penggunaan tipografi untuk menunjukkan fungsi universal daripada ungkapan pribadi.

Helvetica (1951)

Peristiwa Penting Dalam Desain Grafis - Helvetica (1951)

Diciptakan oleh Max Miedinger, perancang dari Swiss. Helvetica salah satu tipe huruf paling terkenal di dunia. Berpenampilan bersih, tanpa garis-garis tak masuk akal berdasarkan huruf Akzidenz Grostesk. Pada awalnya disebut Hass Grostesk, hungga akhirnya pada tahun 1960 M dirubah nama menjadi Helvetica.

Helvetica mempunyai 34 model ketebalan dan Neue Helvetica mempunyai 51 model.

Psychedelia and Pop Art (1960-an)

Kultur yg populer pada tahun 1960an seperti musik, seni, desain, dan literatur menjadi lebih mudah diakses dan merefleksikan kehidupan sehari-hari. Pop Art berkembang sebagai reaksi perlawanan terhadap seni abstrak. Salahsatu karya populer dari Pop Art adalah gambar artis terkenal marilyn monroe yang di buat oleh Andy Warhol.

Peristiwa Penting Dalam Desain Grafis - Psychedelia and Pop Art

Pada masa ini di Indonesia seni Pop Art di kembangkan kembali yang di kenal dengan nama WPAP

Peristiwa Penting Dalam Desain Grafis - WPAP

Uncle Sam (1971)

Pada Masa Perang Dunia, Fungsi desain grafis digunakan untuk mengobarkan semangat juang melawan musuh, menyebarluaskan informasi propaganda, doktrin-doktrin kepada masyarakat, serta himbauan kepada masyarakat untuk membela negara.

Salah satu contoh propaganda yg berhasil adalah poster karya James Montgomery Flagg, Poster dengan model dirinya sendiri. Dalam poster James Montgomery Flagg memakai pakaian khas Presiden Abraham Lincoln sebagai simbol kegigihan perjuangan melawan perbudakan untuk mendapatkan simpati publik. Juga memakai topi dengan simbol bendera Amerika dalam posisi berdiri, tangannya menunjuk kearah pembca dengan headline yang berbunyi 'I WANT YOU FOR U.S. ARMY' sebagai sebuah himbauan kepada pemuda-pemuda Amerika untuk membela negaranya.

Peristiwa Penting Dalam Desain Grafis - Uncle Sam (1971)

Ternyata strategi dengan simbol-simbol kebangsaan ini mampu merekrut para pemuda untuk ambil bagian dalam rangka program Bela Negara di Amerika Serikat pada Perang Dunia Pertama.

Strategi yg kreatif dan cerdik dari desainernya dalam membaca kebutuhan masyarakat pada jamannya yg menggunakan tokoh yg tepat sebagai model, didukung bahasa yg efektif dan komunikatif menjadikan poster ini berhasil bahkan cukup monumental. Terutama bagi masyarakat Amerika yang hingga saat ini menggunakan panggilan Paman Sam sebagai lambang panggilan terhadap semangat nasionalisme negaranya.

Émigré (1984)

Peristiwa Penting Dalam Desain Grafis - Émigré (1984)

Majalah desain grafis Amerika, Emigre adalah publikasi pertama untuk menggunakan Macintosh dan mempengaruhi desainer grafis untuk beralih ke Desktop Publishing (DTP). Majalah ini juga bertindak sebagai suatu forum untuk eksperimen tipografi.

Flat Desain (Present)

Berbagai Macam Aliran Gaya Style Desain Grafis/Graphic Design Style - Flat Design StyleBerbagai Macam Aliran Gaya Style Desain Grafis/Graphic Design Style - Flat Design StyleBerbagai Macam Aliran Gaya Style Desain Grafis/Graphic Design Style - Flat Design Style

Hingga akhirnya pada tahun 2010-an terinsiprasi dari International Style desain grafis kembali menjadi lebih simple, karena alasan lebih mudah untuk dicetak dan lebih nyaman di lihat, penggunaan efek gradasi atau shadow berlebih dihilangkan dalam flat desain. Hasilnya adalah desain yang lebih segar dan simple, disukai oleh banyak orang.

Flat Desain awalnya digunakan untuk grafis antarmuka website, software / aplikasi, dan mobile Apps. Namun kini, gaya desain ini juga di aplikasikan ke berbagai media seperti banner, poster, brosur, icon dan lainnya.

Jika Anda ingin membaca lebih lengkap tentang peristiwa penting dalam desain grafis kami merekomendasikan untuk membaca ebook ini:

Download Ebook

Referensi :
http://www.academia.edu/28850539/Sejarah_Desain_Grafis_dan_Perkembangannya_di_Indonesia