Panduan Menjadi Desainer Grafis

Menjadi seorang Desainer Grafis Professional adalah impian setiap desaniner, mempunyai banyak portofolio dan mengerjakan proyek-proyek desain skala besar adalah hal yang anda dapatkan jika sudah menjadi Desainer Pro. Namun, hal itu tentu saja tidak mudah banyak jalan yang harus ditempuh untuk mencapai puncak itu.

Selain persiapan diri dan pengalaman yang matang, ilmu pengetahuan tentang dunia desain kreatif juga dipersiapkan. Teori desain berguna untuk membantu membuat desain yang dibuat menjadi lebih terarah, mungkin banyak desainer yang memilih mendesain secara spontanitas, mencari ide dan setelah mendapatkannya langsung take action. Hal itu tidaklah salah sepenuhnya karena cara kerja seorang desainer berbeda-beda ada yang merasa nyaman dengan cara itu dan ada juga yang tidak.

Yang dimaksud teori disini adalah semisal penggunaan font yang cocok dengan konsep desain dan jumlah maksimal font yang digunakan dalam suatu desain, Akan menjadi sebuah kesalahan yang fatal jika menggunakan font semacam 'Comic Sans' untuk head title sebuah artikel.

Dalam laman ini akan dikumpulkan artikel secara teratur yang membahas tentang berbagai teori desain. Bukan hanya itu, tujuan dari laman ini adalah sebagai panduan bimbingan menjadi seorang desainer yang professional tahap demi tahap. Jago Desain tidak menjamin 100% bisa menjadi seorang professional dengan membaca kumpulan artikel ini, namun setidaknya ini memberikan jalan dan gambaran tentang apa yang harus dilakukan untuk menjadi seorang desainer professional.

Panduan menjadi desainer grafis ini dibagi menjadi beberapa tahap seperti Bab dalam buku. pastikan Anda membacanya secara bertahap sesuah dengan yang disampaikan disini.


Bab 1 Mengenal Desain Grafis

Pada bagian ini pembaca akan belajar memahami tentang desain grafis, sejarah desain grafis, apa cangkupan dari desain grafis, apa saja tugas seorang desaner grafis dan banyak hal lainnya

Bab 2 Menjadi Desainer Grafis

Siapa desainer grafis itu dan apa yang dikerjakannya ? pada bab ini akan dijelaskan secara bertahap bagaimana cara memulai usaha desain grafis, hal yang sebaiknya tidak dilakukan dan sebagainya

Bab 3 Menguasai Tipografi

Tipografi merupakan bagian penting dari desain grafis, salah dalam penggunaannya akan mengakibatkan buruknya kualitas desain yang dihasilkan

Bab 4 Mengenal Warna Dalam Desain

Ada banyak sekali teori warna dalam desain, bahkan salah dalam dalam penggunaan warna bisa berakibat fatal perlu diketahui kode warna di monitor dan cetak itu berbeda, Kita akan mempelajarinya pada bab ini

Bab 5 Membuat Sketsa

Sangat dianjurkan untuk membuat sketsa (bisa dengan alat tulis) sebelum membuat sebuah desain, tujuannya agar desain yang Anda buat lebih terarah, mulailah belajar untuk membuat sebuah sketsa walaupun hanya coretan kasar itu sangat membantu dalam desain.

Bab 6 Membuat Karya Desain Grafis Yang Menarik

Pada bab ini kita akan mulai membuat sebuah desain, mulai dari brosur, CV, kalender, kartu nama dan sebagainya serta tips bagaimana membuat desian yang baik dan menarik dimata audiens

Bab 7 Memahami Teori Dalam Desain Grafis

Selain praktek langsung, tidak ada salahnya untuk mempelajari teori-teori desain. Dalam tahap ini akan di jelaskan mengenai beberapa teori desain dan berbagai hal lainnya seperti bagian-bagian dari desain grafis yang bertujuan untuk memudahkan serta mengarahkan anda dalah membuat karya desain yang spektakuler :

Sudah Siap ? Mulai Membaca Panduan


Untuk saat ini hanya ini artikel yang ada, artikel lain akan di update sekurang-kurangnya seminggu sekali jika tidak sibuk.

Apakah Halaman ini Membantu anda ?
Yatidak
Terima Kasih atas masukan anda itu sangat membantu kami