Unsur Pokok Penunjang Proses Desain Grafis

Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang sejarah singkat desain grafis, maka kali ini kita akan membahas mengenai unsur pokok penunjang desain grafis. Apa saja unsur pokok penunjang desain tersebut ? berikut penjelasannya :





1. Estetis

Yaitu rancangan desain grafis harus memiliki unsur estetika atau keindahan.

Unsur Estetika Dalam Desain Grafis

2. Fungsional

Yaitu karya harus dapat digunakan pada kesempatan yang tepat serta sesuai berdasarkan kebtuhan masyarakat yang memakainya.

Unsur Fungsional Dalam Desain

3. Fleksibel

Yaitu mudah dinikmati oleh masyarakat manapun atau dalam kesempatan apapun.

Unsur Fleksibel Dalam Desain

4. Realized

Yaitu dapat direalisasikan atau dibuat. Dalam hal ini, juga dipikirkan masalah kemudahan pembuatan, dan teknis pembuatan.

5. Ekonomis

Yaitu dibuat dengan menyesuaikan keadaan ekonomi masyarakat yang menggunakannya atau sesuai dengan kondisi pasar. untuk itu, desain dapat dibagi dua yaitu :

Faktor Ekonomis Dalam Desain

  • Desain Exclusive
    Desain yang mengikuti selera dari konsumen tertentu, walaupun harga jualnya tinggi mereka akan tetap membeli produk yang dibuat

    Desain Khusus eksklusif

  • Desain Masal/Mass Production
    Sering disebut sebagai Repeat Design, desain produk yang dibuat berulang-ulang karena permintaan pasar dan dengan harga jual yang relatif murah.

    Desain Masal/Mass Production

6. Pasar / Market

Yaitu hasil rancangan berorientasi pada hasil penelitian kebutuhan pasar saat itu (tend).

Untuk mengatasi masalah yang timbul dari perpaudan 6 unsur diatas tadi, seorang desainer grafis harus melakukan feedback (umpan balik) dengan memerhatikan antara lain :

  • Selera Konsumen : kelompok individual yang merupakan kelompok minoritas dalam masyarakat. dan kelompot Mayoritas, kelompok masyarakat kelas menengah dan jumlahnya cukup besar (selera yang mengikuti trend masa kini).
  • Gaya Hidup : dapat dilihat dari kondisi sosial maupun kondisi georgrafisnya.

    Gaya Hidup, Selera Konsumen, Lifestyle