Tips Membuat Kartu Nama ID Card Professional
Tips Membuat Kartu Nama ID Card Professional

Kartu nama merupakan bagian terpenting dari sebuah bisnis, selain berfungsi untuk menunjukkan identitas anda, kartu nama juga berfungsi untuk memperkenalkan bisnis dan menjadi media promosi bisnis anda.


Besar kemungkinan kartu nama bisa meningkatkan popularitas anda dan bisnis anda di kalangan masyarakat, kartu nama dengan desain yang unik akan memberikan kesan bahwa anda adalah seorang professional dan berkompetensi, sebaliknya bila kartu nama anda terlihat Norak maka secara tidak langsung akan memberikan kesan amatir dan tidak berkompetensi.

Bagaimana caranya membuat kartu nama yang unik dan professional ? berikut kami beberkan 8 tips membuat kartu nama yang baik dan professional :

1. Untuk Siapa, Apa dan Kenapa ?

Sebelum anda mencari ide tentang desain kartu nama anda, sebaiknya anda tulis dulu tujuan dalam pembuatan kartu nama itu sendiri, untuk apa anda membuat kartu nama ini dan kenapa anda harus membuat kartu nama ini.

Tips Membuat Kartu Nama ID Card Professional - For Who / Untuk Siapa
[ Source... ]

2. Mudah dibaca ( important )

Hal penting yang perlu diperhatikan dalam kartu nama adalah kemudahan dalam membaca kartu nama itu sendiri baik dari segi huruf (font), warna dan lainnya. kartu nama dengan desain unik, elegean, professional sekalupun jika sulit dibaca maka tidak akan ada yang mau membacanya bahkan mungkin menolaknya.

Tips Membuat Kartu Nama ID Card Professional - Mudah dibaca

3. Memakai QR Code ( optional )

QR Code berfungsi untuk men-direct ke website, twitter atau facebook anda. Dalam menggunakannya di sarankan untuk meletakkannya di space yang kosong tidak berdekatan dengan informasi nama, alamat dan informasi lain. Karna ini hanya bersifat optional.

Tips Membuat Kartu Nama ID Card Professional - Qr Code

4. Banyak Warna / Minim Warna

Memiliki desain kartu nama dengan banyak warna yang tepat akan membuat kartu nama anda terlihat menarik. Namun sebaliknya jika tidak menggunakan warna dengan tepat maka akan membuat kartu nama anda terlihat norak. gunakan warna yang sesuai jangan asal main tabrak warna. ingat ini bukan WPAP melainkan kartu nama bisnis anda.

Tips Membuat Kartu Nama ID Card Professional - Full Rainbow Color

5. Pilihan Warna

Poin ini hampir serupa dengan dia atas, seperti yang sudah saya sampaikan warna sangat berpengaruh pada tampilan kartu nama anda, pemilihan warna yang baik sudah pasti membuat kartu nama anda terlihat elegan, dan sebaliknya jika tidak tepat hasilnya pun sudah pasti menjadikan orang malas membaca kartu nama anda.

Tips Membuat Kartu Nama ID Card Professional - Color Docker

6. Menambahkan efek Emboss ( optional )

Jika anda ingin kartu nama anda lebih tampil elegan dan mahal. menggunakan emboss pada kartu nama mungkin bisa menjadi alternatif. Emboss adalah sebuah efek yang membuat tulisan menjadi timbul di kartu nama.

Tips Membuat Kartu Nama ID Card Professional - Emboss ID Card
[ Source... ]

7. Konten Visual

Pernah dengan istilah bahwa 'satu gambar dapat bernilai berubu kata'?.
Menggunakan konten visual atau gambar memiliki nilai tersendiri. Kartu nama dalam bentuk visual ini sangat cocok bagi pengusaha yang ingin menjual produknya dengan cara unik. Satu hal yang perlu dicatat, sama halnya dengan melakukan penjualan, soft selling pun berlaku dalam kartu nama. Tampilkan 'foto produk' bukan 'gambar produk' dalam kartu nama anda.

Tips Membuat Kartu Nama ID Card Professional - Konten Visual
[ Source... ]

8. Informasi Kontak Tetap yang Utama ( important )

Meskipun anda ingin membuat berbagai macam bentuk / model kartu nama, tetap pesan yang ingin disampaikan adalah detail kontak anda. Usahakan buatlah desain dimana informasi tentang kontak anda itu dapat di baca dengan mudah.