Mengenail Fungsi Tehnik Shaping Pada Coreldraw

Shapping adalah salah satu dari fungsi yang paling sering digunakan dalam mendesain menggunakan CorelDRAW. Namun sayangnya masih banyak desainer yang belum memahami sepenuhnya fungsi yang satu ini terutama para desainer pemula.

Shaping merupakan tools yang berfungsi untuk memotong, menggabungkan atau membuat irisan pada 2 buah objek atau lebih, tehnik dasar ini memiliki 7 menu yang mempunyai fungsi berbeda-beda walaupun ada beberapa yang terlihat sama atau memiliki hasil akhir yang sama.

Baca Juga


Detail Tutorial

Program : CorelDRAW
Tingkat Kesulitan : Mudah
Perkiraan Waktu : 10 Menit


Daftar Isi

  1. weld
  2. Trim
  3. Intersect
  4. Simplify
  5. Front Minus Back
  6. Back Minus Front
  7. Create Boudary

Dalam tutorial kali ini anda akan mempelajari tehnik ini dan mengetahui perbedaan antara 1 menu dengan menu yang lain.

1. Weld

Weld berfungsi untuk menggabungkan 2 objek atau lebih menjadi 1 objek yang utuh dan tidak bisa dipisahkan lagi. Untuk mencoba fungsi ini buat dua buah objek sederhana misal “persegi” dan beri warna berbeda dan dekatkan kedua objek tersebut ;

Mengenail Fungsi Tehnik Shaping Pada Coreldraw - Weld

Kemudian seleksi kedua objek tersebut dan pada property bar akan muncul tools shaping, klik menu pertama :

Mengenail Fungsi Tehnik Shaping Pada Coreldraw - Weld

Setelah anda klik maka kedua buah objek tersebut akan tergabung dari segi warna maupun bentuk dan tidak dapat disipsahkan lagi.
Mengenail Fungsi Tehnik Shaping Pada Coreldraw - Weld

Perlu diperhatikan warna objek hasil weld akan mengikuti warna objek yang diseleksi terakhir, dalam tutorial ini objek berwarna biru dipilih terakhir setelah warna merah maka warna objek hasil weld mengikuti warna biru. Jika yang dipilih terakhir adalah warna merah maka objek hasil akan berwarna merah.

Perbedaan weild dengan combine ( Ctrl + L )
Combine bukan termasuk dalam shaping namun memiliki fungsi yang hampir sama dengan Weld yaitu menggabungkan objek, yang membedakan adalah jika objek yang diberi perintah weld tidak bisa dipisah, maka dengan perintah combine objek bisa dipisahkan lagi dengan perintah Break Apart ( Ctrl + K ) hanya saja combine sifatnya menumpuk objek tanpa menyatukan sehingga akan terdapat rongga diantara dua objek apabila disatukan, perhatikan contoh dibawah :

Mengenail Fungsi Tehnik Shaping Pada Coreldraw - Weild dan Combine

Fungsi combine ini lebih cocok digunakan untuk menggabungkan dua objek yang terpisah.

Perintah Group ( Ctrl + G )
Group juga mempunyai fungsi sama yaitu menggabungkan namun jauh berbeda dari Weld dan Combine, Group hanya menggabungkan beberapa objek kedalam 1 wadah tapi tidak mengubah apapun dari objek tersebut, perhatikan gambar di bawah :

Mengenail Fungsi Tehnik Shaping Pada Coreldraw - Group

2. Trim

Trim berfungsi untuk memangkas atau memotong bagian dari sebuah objek dengan objek lain sebagai pemotongnya. Objek pertama yang diseleksi akan menjadi pemotong dan objek terakhir menjadi yang terpotong, perhatikan contoh dibawah :

Mengenail Fungsi Tehnik Shaping Pada Coreldraw - Trim

3. Intersect

Intersect adalah tools shaping terfavorite dan paling banyak digunakan dari ke tujuh menu shaping, fungsinya sendiri adalah membentuk irisan antara dia buah objek yang bertumpuk, hasil irisan tersebut membentuk objek ketiga atau objek baru dari 2 buah objek yang sudah ada :

Mengenail Fungsi Tehnik Shaping Pada Coreldraw - Intersect

4. Simplify

Fungsi ini hampir sama dengan fungsi Trim kelebihannya adalah dapat digunakan untuk banyak objek dan dan semua objek memotong satu sama lain. Yang menjadi pembeda adalah objek yang letaknya diatas yang akan menjadi pemotong :

Mengenail Fungsi Tehnik Shaping Pada Coreldraw - Simplify
Mengenail Fungsi Tehnik Shaping Pada Coreldraw - Simplify

5. Front Minus Back

Front Minus Back berfungsi untuk memotong objek. Objek yang berada dibawah akan memotong objek yang berada diatasnya dan objek pemotong ( objek bawah ) akan menghilang secara otomatis, perhatikan contoh :

Mengenail Fungsi Tehnik Shaping Pada Coreldraw - Front Minus Back

6. Back Minus Front

Fungsi ini merupakan kebalikan dari Front Minus back, jika di Front Minus back Objek bawah yang menjadi pemotong maka dalam Back Minus Front objek ataslah yang menjadi pemotong sekalipun anda menyeleksi objek bawah terlebih dahulu :

Mengenail Fungsi Tehnik Shaping Pada Coreldraw - Back Minus Front

7. Create Boundary

Create Boundary berfungsi untuk membentuk objek baru dari dua objek yang digabungkan yang mempunyai ukuran sama dengan dua buah objek yang digabungkan akan tetapi tidak memiliki warna, bisa dibilang fungsi ini adalah gabungan antara fungsi Weld dan Intersect :

Mengenail Fungsi Tehnik Shaping Pada Coreldraw - Create Boundary

Semua shaping tools akan sangat berguna kedepannya terutama Trim, Intersect, dan Weld Anda akan sangat sering menggunakan tool ini jadi fahami dengan benar fungsinya masing-masing. Bagi ada yang belum difahami silahkan bertanya melalui kolom komentar di bawah

Tutorial Selanjutnya