Apa Itu Mockup Dan Apa Pengertiannya ?


Kata mockup mungkin sudah tidak asing lagi terdengar terlebih ditelinga para desainer grafis, kami pun juga sering share tentang mockup gratis disini. Secara umum mockup digunakan untuk keperluan presentasi dihadapan klien membuat hasil desain seolah-olah terlihat real/nyata, mockup juga dapat digunakan sebagai alat untuk memajang sebuah desain sebelum masuk tahap cetak atau tahap produksi yang memberikan sebuah gambaran nyata bagaimana tampilan sebuah desain setelah di aplikasikan ke berbagai media.

Baca Juga :



Dikutip dari beberapa website mockup adalah sarana seorang desainer untuk menunjukkan hasil desainnya jika diaplikasikan di media publikasi.

Mockup adalah sebuah media visual atau preview dari sebuah konsep desain "datar" yang diberikan efek visual sehingga hasilnya sangat tampak atau menyerupai wujud nyata, mockup dapat memberikan gambaran nyata dari sebuah konsep desain bagaimana konsep itu akan terlihat nantinya jika sudah diaplikasikan menjadi benda nyata apakah terlihat bagus atau kuarng sesuai.

primecybr.com


Mockup adalah sebuah media grafis yang tersusun atas beberapa layer yang berfungsi menampilkan hasil desain agar terlihat nyata.

excelent-branding.com


Dengan adanya mockup ini sangat membantu sekali baik untuk desainer grafis itu sendiri ataupun klien dalam melihat perspektif desain tertentu, misal seorang desain membuat sebuah desain kaos, maka seorang desainer tersebut perlu menunjukkan terlebih dahulu kepada klien sebuah desain kaos yang nyata seoalah sudah dicetak dalam media didalam kaos, lihat contoh dibawah :


Dalam kontes desain mockup juga biasa digunakan sebagai sebuah alat tambahan bagi desainer untuk menarik hati calon klien untut memilih konsep desain yang diajukannya, karena mockup memberikan kesan pertama yang baik yang memungkinkan calon klien untuk melihat dan mempertimbangkan desain yang mereka tunjukkan.

Dalam bisnis mockup juga memberikan peran penting apalagi untuk sebuah brand dalam hal ini kita ambil contoh sebuah brand distro yang memiliki kreasi desain kaos yang banyak namun masih terkendala dalam modal. Dengan memakai mockup seorang produsen mampun membuat contoh produknya sebanyak mungkin tanpa memproduksinya terlebih dahulu.


Kegunaan dan Keuntungan Menggunakan Mockup

Dikutip dari situs Kaosgeek.blogspot.co.id berikut 4 kegunaan dan keuntungan menggunakan mockup:

1. Kreasi Tanpa Batas

Seorang desainer dapat mengaplikasikan dan mengkreasikan desainnya kedalam mockup sebanyak mungkin.

2. Murah

Untuk menggunakan mockup yang dibutuhkan hanya sebuah perangkat komputer dan ditambah software editing gambar seperti Photoshop atau lainnya, cukup dengan itu desainer sudah bisa membuat hasil desainnya terlihat realistis dengan biaya nyaris gratis.

Update!!

Sekarang tidak perlu software pun Anda bisa menggunakan mockup, banyak sekali website yang menawarkan pembuatan mockup secara online untuk info lebih lanjutnya silahkan kunjungi Cara Menggunakan Mockup Tanpa Software

3. Menghemat Waktu

Hanya dibutuhkan waktu beberapa menit saja untuk mengaplikasikan sebuah desain kedalam sebuah mockup, bahkan mengubah warna kaosnya pun sangat mudah, sanget menghemat waktu ketimbang membuat/mencetak preview desain secara langsung.

4. Seragam

Penggunaan mockup baik itu dengan Photoshop, coreldraw atau lainnya akan menghasilkan satu desain/posisi gambar preview produk yang seragam, lihatlah contoh beberapa toko online yang ada hampir semua katalog produknya menggunakan bentuk mockup yang sama walaupun beda warna yang secara tidak langsung memberikan sebuah keteraturan dalam toko online tersebut.

Kekurangan Mockup

  1. Mockup Gratis Langka
    Mokcup gratis sangat sulit untuk di temukan terutama mockup dengan kualitas detail gambar yang baik. Biasanya mockup yang berkualitas dijual dengan kisaran harga $10 kalaupun Ada biasa hanya berupa mockup portofolio dari desainer pembuat mockup yang digratiskan untuk tujuan promosi menarik konsumen membeli produk mockup yang dijualnya.

    Tapi bukan berarti sulit ditemukan apalagi persaingan sekarang semakin ketat banyak sekali website yang menawarkan jasa pembuatan mockup secara online bahkan bisa di kostum sesuai kehendak pengguna, untuk penjelasan lebih detailnya Anda bisa membacanya di artikel Cara Menggunakan Mockup Tanpa Software

  2. Terbatas
    Mockup merupakan file dengan jenis bitmap (biasanya adalah file .PSD) yang ditujukan untuk presentasi desain, jadi hanya bisa di edit dengan aplikasi berbasis bitmap seperti Photoshop tidak bisa di edit melalui aplikasi berbasi pixel seperti CorelDRAW ataupun Illustrator, kalaupun Ada file mockup dengan eksitensi selain .PSD seperti .CDR misalnya bisa dibilang sulit untuk di cari dan hasilnya juga tidak sebagus mockup dengan photoshop.

    Rata-rata dalam file mockup sudah disediakan panduan cara menggunakannya, Anda hanya perlu meletakkan desain Anda pada layer yang sudah di tentukan, meskipun begitu tetap saja ada yang kesulitan untuk menggunakannya. Ini bukan termasuk kekurangan dari Mokcup melainkan lebih ke pengguna yang masih kurang faham tata cara menggunakan mockup.