Mengenal Lebih Lanjut Tentang Doodle Art

Tahukah anda bahwa semua orang bisa membuat doodle ? karena, seseorang bisa saja tanpa sengaja membuat doodle art ketika bosan atau sedang melamun. Pada awalnya Doodle Art merupakan gambar yang dibuat secara tidak sengaja/sadar tanpa tujuan tertentu. Bentuknya bermacam-macam bisa berupa huruf, binatang atau hanya sekedar coretan abstrak.

Meskipun awalnya dibuat secara tidak sengaja, namun kini Doodle Art sudah menjadi salah satu bidang seni yang di perhitungkan. Bahkan, setiap tahun selalu diselenggarakan event "Doodle Art Competition" dan penggemarnya pun tiap hari semakin bertambah.

Baca Juga :




Pengertian Doodle Art

Apa itu Doodle Art ?

Jika diartikan secara harfiah doodle berarti "mencoret" dalam kamus diartikan "gambar yang tak berarti atau menggambar sambil melamun / sambil memikirkan sesuatu".
Doodle Art sendiri adalah suatu gaya menggambar dengan cara mencoret, hasilnya berupa gambar abstrak(terlihat rumit) yang memiliki makna tertentu atau tidak bermakna. Terkadang juga digabung dengan typografi agar terlihat unik dan menarik.
Mengenal Doodle Art - Pengertian Doodle Art

Sebuah karya Doodle biasanya melukiskan perasaan si pembuatnya, terlihat dari goresan yang dihasilkan terkadang keluar dengan sendirinya tanpa disadari. Doodle Art mampu menenangkan hati si pembuatnya. Semakin dibuat dengan sepenuh hati dan perasaan karya yang dihasilkan akan terlihat semakin unik, menarik dan bermakna. Membuat sebuah karya Doodle Art tidak hanya sekedar hobi corat-coret tapi mempunyai gaya dan ciri khas tersendiri serta makna yang dalam.

Sejarah Singkat Doodle Art

The word doodle first appeared in the early 17th century to mean a fool or simpleton. It may derive from the German Dudeltopf or Dudeldop, meaning simpleton or noodle (literally "nightcap"). The modern meaning emerged in the 1930s either from this meaning or from the verb "to dawdle", which since the seventeenth century has had the meaning of wasting time or being lazy.

Doodle - en.wikipedia.org/wiki/Doodle
Di Wikipedia dijelaskan kata 'doodle' pertama kali muncul pada abad ke-17 yang berarti 'Fool(bodoh) / Simpleton(tolol)'. Ini mungkin berasal dari bahasa jerman Dudeltopf atau Dudeldop yang berarti bodoh. Arti modern muncul pada tahun 1930-an dari kata kerja "to dawdle(untuk berlama-lama)", yang sejak abad ke-18 telah memiliki makna membuang-buang waktu.

Dari sinilah awal mula muncul doodle, kebanyakan orang ketika bosan atau sedang melamun (tidak punya kegiatan) cenderung akan mencoret-coret, hal ini bisa kita lihat dari contoh catatan atau meja sekolah terutama SMA yang penuh coretan siswa karena melamun / bosan dikelas. oleh karena itu pada era modern ini kata "doodle" berubah arti menjadi mencoret atau menggambar sambil melamun / sambil memikirkan sesuatu.

Mengenal Doodle Art - Sejarah Doodle Art

Tahukah kamu coret-coretan yang terdapan dalam gua di jaman dulu merupakan salah satu gaya Doodle Art tertua ? bahkan sebelum orang mengenal tulisan, Doodling dijadikan alat untuk berkomunikasi menceritakan sebuah kisah turun-temurun. Ini membuktikan bawha Doodle sudah ada sejak dahulu dan mempunyai sejarah tersendiri.

Sejarah Doodle Art - Lukisan Gua Lascaux

Jenis Doodle Art

pada saat ini doodle art telah berkembang dan memilik bebera cabang jenis diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Doodle Fantasy
Doodle Fantasy bersifat fiksi, jenis ini lebih menggambarkan karakter-karakter yang unik dan tidak nyata seperti contoh pada gambar dibawah ini :

Jenis Doodle Art - Doodle FantasyJenis Doodle Art - Doodle Fantasy

2. Doodle Graffiti
Merupakan perpaduan antara tehnik typografi dan doodle, yang biasanya dibentuk dengan menuliskan nama dan ditambah beberapa elemen doodle seperti pattern di sekitarnya, perhatikan contoh dibawah :

Jenis Doodle Art - Doodle GraffitiJenis Doodle Art - Doodle Graffiti

3. Doodle Floral
Seperti namanya doodle ini dibuat dengan menggabungkan beberapa elemen bunga menjadi sebuah bentuk tertentu :

Jenis Doodle Art - Doodle FloralJenis Doodle Art - Doodle Floral

4. Doodle Animation
Doodle yang satu ini merupakan yang paling populer diantara jenis yang lain, dibuat dengan mengutamakan gambar karakter animasi (berupa binatang atau monster) yang lucu dan unik, tak heran banyak orang yang menyukainya. Berikut contohnya :

Jenis Doodle Art - Doodle Animation / Character / MonsterJenis Doodle Art - Doodle Animation / Character / Monster

5. Doodle Pattern
jenis ini dibuat dengan menggambarkan pattern-pattern yang disusun secara unik dan rapi sehingga menghasilkan suatu gambar abstrak yang mempunyai makna tertentu :

Jenis Doodle Art - Doodle PatternJenis Doodle Art - Doodle Pattern

Tehnik Membuat Doodle Art

Adalah sarana berkarya yang murah meriah. Tak perlu kertas khusus seperti kanvas atau yang lain, kertas toilet sekalipun bisa dipakai. Semua kembali ke pembuat doodle itu sendiri dalam memilih gaya doodling yang nyaman baginya.

Tehnik menggambar doodle art pada umumnya sama dengan tehnik menggambar biasa, menggunakan Linear, Blok, Dusel, Arsir, Pointilis, dan sebagainya. Menurut Lei Melendres seorang Doodle Artist terkenal, Doodle Art terbagi menjadi tiga yaitu :

  1. Unplanned Doodle : Tehnik menggambar doodle dengan cara spontan atau tanpa sketsa.
  2. Semi Unplanned Doodle : Tehnik menggambar doodle spontan dengan memakai sketsa sambil memikirkan makna dari gambar tersebut.
  3. Planned Doodle : Tehnik menggambarkan doodle dengan menggunakan rencana dan sketsa terlebih dahulu agar hasilnya lebih maksimal(terkonsep, rapi dan bermakna).

Mengenal Doodle Art - Karya Doodle Art by Lei Melendres
Karya Doodle Art oleh Lie Melendres


Beberapa Contoh Karya Doodle Art

Berikut beberapa karya dari Doodle Artist lokal seorang mahasiswa DKV Jogja dengan akun Instagram @fatasamadoodle :

Karya Doodle Art By DoodleArt_PenajamKarya Doodle Art By DoodleArt_PenajamKarya Doodle Art By DoodleArt_PenajamKarya Doodle Art By DoodleArt_PenajamKarya Doodle Art By DoodleArt_PenajamKarya Doodle Art By DoodleArt_PenajamKarya Doodle Art By DoodleArt_PenajamKarya Doodle Art By DoodleArt_PenajamKarya Doodle Art By DoodleArt_PenajamKarya Doodle Art By DoodleArt_Penajam


Sumber gambar : Pinterest, Instagram