Home Review

Software Aplikasi Desain Alternatif Free - Gratis

Di negara berkembang pelanggaran hak cipta dalah bidang digital masih menjadi masalah serius, salah satu pihak yang dirugikan adalah desainer grafis, karena kurangnya pemahaman tentang hak cipta seringkali berimbas pada tidak dihargainya karya desainer walaupun dihargai tapi tidak sebanding dengan ide yang di kreasikan.

Disatu sisi desainer grafis juga menjadi pelaku pelanggaran hak cipta tersebut, mulai dari mencuri karya orang lain sampai memakai software grafis bajakan, entah karena tidak tahu, kurangnya edukasi atau disengaja yang jelas hal ini bukanlah perbuatan yang patut di contoh.

Alasan yang paling sering dilontarkan oleh sebagian Desainer grafis adalah tidak terjangkaunya harga software yang dimaksud tapi kebutuhan penggunaan yang mendesak, walaupun hal itu bisa dimaklumi tapi tetap menggunakan software bajakan tidak dibenarkan. Tidak semua software grafis berbayar tapi ada juga versi open source walau fiturnya tidak sebaik software premium.
Kenapa tidak mencoba untuk menghargai hasil kerja orang lain? Bukankah selalu ada jalan keluar untuk sebuah masalah

Baca Juga :

Software Aplikasi Desain Alternatif Free - Gratis

Masalah hak cipta tidak akan dibahas panjang lebar di sini, postingan ini lebih menyoroti masalah penggunaan software bajakan dan cara menanganinya. Jika ingin karya Anda dihargai maka hagrailah karya orang lain, alih-alih terus mengunakan software bajakan kenapa tidak mencoba menggunakan beberapa software gratis yang tak kalah bagus?

Dari permasalahan diatas kami mengumpulkan beberapa software untuk keperluan desain yang dilisensikan secara gratis dari berbagai sumber, beberapa software di bawah ini memiliki fitur yang bagus bahkan setara dengan software premium, untuk mempermudah Anda kami mengurutkan nama-nama software premium yang mainstream digunakan oleh banyak orang beserta alternatif software penggantinya, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

WPS Office - Microsoft Office

Software Aplikasi Alternatif MS Office - WPS Office

Tidak ada yang tidak mengenal software ini, rata-rata komputer dengan OS Windows pasti memiliki software ini entah itu ori atau bajakan. Sampai saat ini masih banyak ditemui instansi pemerintah, sekolah dan sebagainya yang masih menggunakan versi bajakan, entah karena disengaja atau tidak mengerti, bahkan beberapa toko komputerpun dengan bangganya membuka jasa instal software ini hanya dengan biaya murah.

Padahal software teks editor bukan hanya ini saja, masih banyak software lain yang juga tak kalah powerfull salah satunya Adalah WPS Office. Walau tidak selengkap MS Office, situr yang sudah disediakan oleh WPS Office sudah mencukupi kebutuhan kantoran, tampilannya juga terlihat mirip sehingga akan lebih memudahkan pengguna untuk beradaptasi dengan software ini.
Download - WPS Office

Inkscape - CorelDRAW

Software Aplikasi Alternatif CorelDRAW - Inkscape

Software powerfull yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi kualiasnya hingga sampai saat ini mampu bersaing dengan Adobe. Salah satu kekurangan dari CorelDRAW adalah harganya yang selangit jika di kurs rupiahkan harga yang harus dikeluarkan untuk software ini adalah Rp. 10 juta.

Bagi yang belum punya dana untuk membeli softwarenya tapi membutuhkannya, Inkscape bisa menjadi pilihan alternatif yang patut dicoba. Merupakan software pengolah vector yang sifatnya Open Source yang pertama kali dirilis pada tahun 2003, Silahkan baca review lengkapnya pada artikel ini.
Download - Inkscape

Foxit Reader - Adobe Acrobat Pro

Software Aplikasi Alternatif Adobe Acrobat Reader - Foxit Reader

Salah satu kelebihan dari Foxit Reader ialah mempunyai ukuran yang lebih kecil serta memiliki beberapa fitur keren yang tidak terdapat pada Adobe Acrobat maupun aplikasi pembaca Pdf sejenis.

Salah satu fitur unggulannya adalah dapat digunakan untuk membuka file PDF dari berbagai jenis file lain dengan cepat dan mudah baik dari file gambar seperti JPG, PNG maupun dokumen MS Office dalah format word(Doc, Docx), Excel(Xls, Xlsx), dan Powerpoint(ppt, pptx). Foxit Reader juga berfungsi sebagai virtual printer yang bisa digunakan saat ingin menyimpan halaman web menjadi file PDF.

Beberapa Fitur Foxit Reader:
  • PDF Reader Gratis
  • Convert file ke format PDF dengan mudah
  • Mengisi form atau formulir dalam bentuk PDF.
  • Multiple Tabs untuk membuka banyak file PDF sekaligus dalam satu windows
  • Virtual printer untuk cetak/simpan halaman web Html sebagai PDF
  • Foxid Cloud untuk menyimpan dokumen PDF sehingga bisa diakses dimana saja selama terhubung dengan internet
Download - Foxit Reader

Gravit Designer - Abobe Illustrator

Software Aplikasi Alternatif Adobe Illustrator - Gravit Designer

Gravit adalah aplikasi Freeware berikutnya yang kami rekomendasikan, terlepas dari fitur yang hampir sama dengan Adobe Illustrator, software ini mempunyai kelebihan lain yang tak kalah kerennya.

Salah satu diantaranya adalah Free Libraries yang memuat stok vector yang siap digunakan untuk kreasi apa saja yang disusun dengan klasifikasi Shape, Illustrations, Icons, Emojis, Sticker, dan Lines yang seluruhnya aman digunakan untuk keperluan komersil bahkan tanpa atribut, selain itu Gravit juga menyediakan template yang siap pakai yang juga gratis.

Hasil desain yang dibuat dengan software ini akan disimpan dengan ekstensi *.gvdesign. Selain format baku tersebut, Gravit juga menyediakan export atau simpan file dalam format lain seperti:
  • PNG
  • JPEG
  • SVG
  • SVGZ
  • PDF

Sayangnya software ini belum dibekali kemampuan untuk membuka dan mengedit file *.ai, *.cdr dan *.eps yang paling banyak digunakan, tapi dari segi fitur Gravit Designer sudah bisa digunakan sebagai alternatif Adobe Illustrator.
Download - Gravit Designer

GIMP - Adobe Photoshop

Software Aplikasi Alternatif Adobe Photoshop - GIMP

Dari beberapa software diatas Photoshop mungkin yang paling dikenal oleh banyak orang, sebanding dengan kegunaannya aplikasi ini terbilang mahal yang untuk bisa menggunakan aplikasi ini setidaknya pengguna harus membayar Rp. 130.000 perbulannya. Gimp hadir untuk menjawab masalah tersebut.

Secara keseluruhan GIMP terinspirasi dari nuansa tampilan Adobe yang membuatnya lebih mudah digunakan bagi yang sudah mahir menggunakan photoshop. Tools yang disediakan juga lengkap seperti Painting Tools, Color Correction, Clonning, Selection dan Enhancement. Saat ini GIMP sudah bisa digunakan untuk membuka dan mengedit file format *.PSD tanpa ada masalah kompabilitas sama sekali.
Download - GIMP

Lightworks dan Filmora - Adobe Premiere Pro

Lightworks
Software Aplikasi Alternatif Adobe Premiere Pro - Lightworks

Merupakan salah satu video editor terbaik yang sudah digunakan oleh professional dalam industri film sejak awal 1990an. Hadir sebagai aplikasi video editing yang full featured, dengan kecepatan proses edit dan dukungan semua format video umum mulai dari SD, HD, 2K bahkan format Red 4K sekalipun.

Lightworks tersedia dengan 2 versi, Pro dan Gratis. Semua fitur dan fasilitasnya editing videonya sama persis, yang membedakannya Lightworks versi gratis hanya dapat mengekspor video menjadi MPEG-4 (Web, Youtube dan Vimoe) dengan resolusi maksimal 720p. Ini sudah lebih dari cukup untuk sekedar editing video rumahan.
Download - Lightworks
Wondershare Filmora
Software Aplikasi Alternatif Adobe Premiere Pro - Wondershare Filmora

Jika Anda merupakan seorang editor video pemula, maka Filmora adalah aplikasi yang cocok untuk Anda. Filmora adalah software editing video yang dapat digunakan untuk membuat video, mengedit video, bahkan mengubah video secara simple. Tak hanya ramah bagi pemula, aplikasi ini juga dilengkapi banyak fitur seperti transisi, efek, titles dan element grafis. Hal ini menjadikan aplikasi ini mampu membuat video berkualitas namun dengan cara yang sederhana.

Silahkan coba dan download aplikasi ini melalui link dibawah ini:
Download - Filmora

Natron - Adobe After Effect

Software Aplikasi Alternatife Adobe After Effect - Natron

Natron Adalah software komposisi gratis berbasis open source yang bisa Anda gunakan selanjutnya. Disamping gratis, software ini juga tidak kalah dengan software enterprise lainnya, beberapa fitur dari Natron Anrata lain:
  • 32-bit floating point linear color processing paperline
  • Colorspace management
  • Dozen of file formats supported: EXR, DPX, TIFF, PSD, SVG, RAW, JPG, PNG and more.
  • Support for OpenFX v1.4
  • dan masih banyak fitur lainnya
    sumber: tekmagz.tncmediawebsite.co.id
Download - Natron

Blender 3D - 3Ds Max

Software Aplikasi Alternatif 3Ds Max - Blender 3D

Software ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif, dan video game. Blender memiliki beberapa vitur termasuk 3D modeling, UV Unwrapping, Texturing, Raster Graphics dan fitur-fitur bermanfaat lainnya.

Blender termasuk salah satu software open source, dimana kita bebas menggunakannya, memodifikasi source kodenya sesuka hati untuk keperluan pribadi maupun komersil asalkan tidak melanggar GNU (General Public License). Kelebihan lainnya adalah termasuk ringan jika dibandingkan dengan software sejenis, dengan RAM minimal 512Mb Blender sudah dapat berjalan dengan baik.
Download - Blender 3D

Sketchup Free - Sketchup Pro

Software Aplikasi Alternatif Sketchup Pro - Sketchup Free

Versi gratis Sketchup ini hanya tersedia versi browser yang artinya Anda harus online terlebih dahulu, walaupun begitu semua fitur-fiturnya tetap mencukupi untuk membuat model 3D.

Hanya kekurangan dari versi gratis ini adalah saat gambar mulai banyak akan sedikit terasa berat karena proses Auto Save, Opsi & Preferences yang belum lengkap semua, belum adanya fitur untuk instal plugin pihak ke-3 dan versi yang di download tidak dapat dikonvert ke versi dibawahnya.
Try - Sketchup Free

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Subscribe our newsletter to stay updated.