Home Tips / UX

Hal yang harus diketahui Desainer UX Pemula

User Experience adalah elemen yang paling penting dan kesuksesan sebuah desain bergantung padanya. UX mencakup segala sesuatu yang terjadi ketika pengguna berinteraksi dengan desain Anda seperti reaksi, sikap, dan perilaku mereka. Semakin baik, semakin tinggi peluang Anda untuk melakukan penjualan atau meningkatkan pendapatan Anda. Pada dasarnya, user Experience adalah desain yang tidak dapat bertahan lama.

Namun demikian, itu juga merupakan salah satu hal yang paling rumit untuk dikuasai, terutama untuk pemula. Beberapa hal dibawah ini merupakan topik yang paling umum dari UX yang harus diketahui oleh desainer UX pemula, silahkan simak lebih lanjut:

Baca Juga:


User Research

Hal yang harus diketahui Desainer UX Pemula - User Research

Penelitian pengguna(User Research) mencakup segalanya mulai dari mengidentifikasi pengguna hingga menentukan perilaku pengguna. Ini berbeda dari Market Research atau riset pasar karena mencakup berbagai aspek yang dilihat dari titik pengalaman pengguna. Ini adalah alat pertama dan terpenting untuk meningkatkan User Experience meneliti bagaimana pengalaman dan reaksi orang-orang terhadap produk atau layanan tertentu.

Untuk membuat pengalaman pengguna yang baik, Anda membutuhkan desain yang berpusat pada pengguna. Desain Anda harus memenuhi kebutuhan pengguna dan sebaliknya tidak mengganggu mereka. Untuk itu Anda perlu melakukan penelitian.

User Experience Strategy

Hal yang harus diketahui Desainer UX Pemula - User Experience Strategy

Pernahkan Anda mendengar tentang User Experience Strategy?. Strategi ini menggabungkan bisnis, desain dan proses. Dan itu semua berkaitan dengan alasan dan metode untuk penciptaan produk atau jasa. Desainer UX adalah pembuat strategi pada saat ini dengan tujuan untuk meyakinkan para stackholder bahwa produk atau layanan itu penting.

Dengan kata lain Anda perlu mengetahui strategi untuk benar-benar mempengaruhi metode, cara desain dan membawanya kearah yang benar. Faktor yang harus memimpin keputusan strategi ini adalah sumber daya, anggaran dan teknologi.

Interaction Design

Hal yang harus diketahui Desainer UX Pemula - Interaction Design

Bagaimana cara pengguna berinteraksi dengan layanan atau produk Anda? ini adalah informasi penting yang memungkinkan Anda untuk membuat desain yang hebat. Desain interaksi adalah bagian dari user experience design, karenanya ia memiliki efek besar pada bagaimana orang merespon strategi Anda dan berapa banyak penjualan yang Anda lakukan.

Topik ini berkaitan dengan membuat informasi yang kohesif dan kompak, mencegah kesalahan pengguna, memastikan cara kerja sistem yang bagus dan sebagainya.

Information Architecture

Hal yang harus diketahui Desainer UX Pemula - Information Architecture

Topik keempat yang harus Anda ketahui adalah Information Architecture - proses yang digunakan desainer untuk mengatur informasi dalam desain mereka. Ini adalah salah satu tahap pertama pembuatan desain dan yang dapat digunakan dalam desain UX lain. Pengorganisasian informasi yang disediaan juga termasuk kategori desain yang sangat penting untuk keberhasilan User Experience.

Visual Design

Desain visual juga memiliki dampak tinggi pada pengalaan pengguna dan tidak diragukan lagi salah satu topik yang perlu Anda jelajahi lebih lanjut jika Anda ingin menjadi desainer UX yang sukses. Ini adalah hal pertama yang dikenali oleh para desainer, desain visual memuntun orang untuk membuat keputusan karena ini menghubungkan mereka lebih baik dengan produk dan layanan.

Dalam hal ini, Anda harus fokus pada warna, tata letak, tipografi, animasi, dan lainnya. Pada dasarnya, tugas Anda adalah membuat desain semenarik mungkin bagi pengguna. Semakin jelas dan menikmatinya pengguna, semakin tinggi peluang desain Anda untuk memberikan hasil positif.

UX Metrics

Hal yang harus diketahui Desainer UX Pemula - UX Metrics

Untuk benar-benar mengetahui apakah desain Anda berhasil atau tidk, Anda perlu metrik, UX Metrics memungkinkan desainer mengukur pengalaman pengguna, yang merupakan informasi paling penting yang bisa Anda dapatkan setelah Anda menyelesaikan dan membagikan atau menguji coba desain Anda kepada audience. Dengan mendapatkan wawasan seperti itu, Anda memiliki data objektif tentang desain yang Anda Inginkan. Anda kemudian dapat menggunakan data ini untuk meningkatkan dan membuat perubahan yang diperlukan pada desain Anda.

Content Strategy

Yang terakhir tetapi tak kalah penting adalah Content Strategy. ini merupakan topik yang harus Anda ketahui jika Anda berencana untuk memasukan konten dalam desain Anda. Terrence Roberts, seorang ahli dibidang ini menjelaskan sebagai berikut:
Desainer UX dapat menggunakan imajinasi dan kreativitas mereka untuk merancang situs yang terlihat bagus. Namun, konten juga harus disertakan untuk memberikan situs-situs tersebut beberapa makna dan memberikan informasi bagi pengguna. ini memiliki efek yang sangat besar pada pengalaman mereka.

Referensi : graphicdesignjunction.com

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Subscribe our newsletter to stay updated.