Home Desain Grafis

Industri desain grafis

Desain grafis memungkinkan Anda untuk merancang proyek dengan ide kreatif dan berkomunikasi melalui representasi grafis.

Beberapa tahun terakhir sangat terlihat lonjakan dalam strategi pemasaran konten dengan desain grafis. Memang pada kenyataannya interpretasi visual cenderung lebih menarik perhatian audience ketimbang cara pemasaran lain. Ini adalah bukti nyata sejauh mana desain grafis berkembang dan mulai di perhitungkan.

Seorang desainer grafis bertanggung jawab untuk membuat sebuah media visual untuk menyampaikan pesan yang tepat sasaran tentang suatu produk atau layanan melalui desian mereka. Poster, brosur, flyer dan majalah adalah beberapa media cetak yang menggukanan jasa desain grafis untuk penyampaian ide dan pemikiran secara efektif.

Sehubung dengan bertumbuhnya platform digital, orang-orang mulai bergantung pada internet untuk banyak hal mulai dari kebutuhan pribadi sampai bisnis. Hal ini juga secara otomatis membuat industri desain grafis berkembang. Pada era digital ini, peranan desain grafis begitu penting dan lebih terasa dampaknya, beberapa peranan desain grafis tersebut diantaranya adalah:

baca Juga :


Peran Desain Grafis

  1. Identity : Setiap bisnis menawarkan serangkaian produk atau layanan unik yg berbeda dari pesaingnya. Desain grafis memungkinkan bisnis seperti itu menampilkan diri mereka secara khas dan membantu mereka mendapatkan identitas yang unik.

  2. Impact : Seseorang cenderung mengingat representasi visual lebih lama daripada cara lain menyampaikan pikiran. Pastinya audiens akan lebih mengingat sebuah brand jika ditampilkan dengan cara kreatif, inilah dampak jangka panjang dari meningkatnya industri desain grafis saat ini.

  3. Visual Marketing : Seperti disebutkan diatas, orang-orang cenderung tertarik pada grafik yang menarik secara visual daripada membaca deskripsi produk yang panjang. Oleh karena itu, mempekerjakan desainer grafis yang tepat dapat secara substansial mempengaruhi pemasaran dan penjualan suatu produk.


Bangkit dan Terus Berkembang

Perkembangan desain grafis

Saat ini, desian grafis tidak hanya digunakan untuk Kemasan Produk atau sebagai strategi pemasaran, tetapi berkembang lebih dari itu. Dengan diluncurkannya perusahaan dan startup baru setiap tahun kebutuhan akan desain juga meningkat, perusahaan meggunakan cara-cara inofatif dengan representasi grafis untuk mempromosikan diri mereka sendiri. Desain dan tata letak yang baik memiliki potensi untuk mengubah pemirsa menjadi pembeli, sebaliknya desain yang lemah dan ketinggalan jaman dapat memiiki dampak negatif pada bisnis.

Pertumbuhan teknologi grafis juga menunjang pertumbuhan industri ini, menjadi seorang desainer grafis bukalah yang yang sulit pada saat ini bahkan seorang yang otodidak tanpa berbekal pengetahuan akademisi bisa menjadi desainer yang professional jika ia tekun menjalani karirnya.

Permintaan Desain

Perancang grafis saat ini lebih dari sekedar menciptakan desain visual yang menarik, tetapi sudah menjadi alat integral pemasaran online dan offline. Karena desain grafis tidak akan pernah mati dan selalu diminati, desain grafis dapat mengarahkan Anda ke jalur karier yang berbeda karena memiliki cabang ilmu yang bermacam-macam seperti Web Design, Layout Design, UX Design dan sebagainya.

Tak hanya sebagai pekerja tetap, permintaan untuk desainer freelance pun meningkat bahkan diantara mereka ada yang mendapatkan puluhan juta rupiah setiap bulannya.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Subscribe our newsletter to stay updated.