Home Blogger / Tips

Trik Membuat Pengunjung/Visitor Betah di Blog Anda

Jumlah rata-rata waktu yang dihabiskan pengunjung di situe web atau blog Anda bukan hanya indikasi kuat bahwa Anda telah berhasil menarik minat mereka, tetapi itu juga merupakan salah satu cara yang Google gunakan untuk mengevaluasi peringkat situs Anda di mesin pencari.

Termasuk bounce rate yang rendah juga menjadi salah satu penilaian di mesin pencari, kedua hal ini merupakan prioritas kedua Anda setelah konten yang harus Anda perhatikan

Baca tips lainnya:

Berita baiknya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat pengunjung merasa betah tinggal lebih lama di situs web / blog Anda sambil mereka menemukan apa yang mereka cari. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

Konten yang baik - bukanlah trik utama

Trik Membuat Pengunjung/Visitor Betah di Blog Anda - Konten yang baik bukanlah trik utama

Tidak ada trik atau cara yang dapat memaksa pengunjung untuk tinggal lebih lama disitus Anda. Termasuk konten bukanlah jaminan, tetapi setidaknya konten yang baik bisa membuat Anda berada di peringkat teratas di mesin pencari.

Namun, ada banyak metode yang bisa dicoba untuk menyenangkan pengunjung dan betah di situs Anda, konten yang baik adalah salah satu caranya. Mungkin Anda sudah berkali-kali membaca kalimat "Konten adalah raja" hampir setiap tips yang ditemuka di internet selalu menyebutkan hal ini. Tetapi apa yang sebagian besar konten kreator tidak beritahu adalah konten jenis apa yang termasuk kategori "konten adalah raja".

Jawaban atas pertanyaan itu rumit dan bervariasi, tetapi jenis konten terbaik adalah konten yang tidak hanya menjawab pertanyaan pengunjung (apa yang ingin mereka cari di situs web Anda), tetapi juga yang membantuk membangun atau menegaskan jenis konten apa yang Anda tampilkan.

Konten yang baik tidak hanya bisa menjawab pertanyaan "apa yang harus saya ketahui tentang ini?" tetapi konten yang baik juga dapat merujukan pengunjung ke artikel lain lagi dan lagi tanpa khawatir informasi yang mereka pelajari sudah usang dan tidak relevan.

Tepati janjimu

Judul pada halaman situs web Anda merupakan janji yang harus Anda tepati, ini adalah Hook yang menarik perhatian pengunjung dan seringkali pada saat penting itulah mereka memutuskan apakah mereka akan mengunjungi halaman berikutnya atau tidak.

Salah satu cara untuk mempertahankan pengunjung situs Anda lebih lama adalah dengan hanya menepati janji yang Anda buat di judul halaman web Anda. Apapun yang tertulis di judul utama, seluruh halaman harus berhubungan dengan judul tersebut. Jangan sesekali membuat artikel clickbait karena hal itu justru dapat meruntuhkan kepercayaan pengunjung akan situs Anda.

Tidak ada orang yang bekerja keras untuk mengontak selama mereka masih dalam tahap "hanya searching", mencoba memaksa mereka untuk pergi kehalaman lain atau memberikan konten yang tidak sesuai dengan judul adalah cata paling cepat untuk membuat pengunjung lari dan tidak akan kembali lagi.

Rekomendasikan konten yang lebih relevan kedalam konten Anda

Trik Membuat Pengunjung/Visitor Betah di Blog Anda - Rekomendasikan Konten Anda

Saran ini sangat efektif dan berharga untuk mempelajari lebih lanjut pengunjung Anda dan kebutuhan mereka lalu mengubahnya menjadi pengunjung setiap yang siap membagikan artikel Anda.

Rahasianya adalah menyantumkan konten rekomendasi atau yang biasa disebut related article di bagian konten Anda. Atau Anda bisa meninggalkan link berupa ebook gratis atau lainnya yang relevan dengan konten Anda. Memberikan pengunjung pilihan untuk mengambil satu langkah kecil ini Adalah cara yang baik untuk membangun hubungan dengan pengunjung Anda, tidak ada orang yang akan menolak informasi terbaik pada waktu yang tepat ketika mereka membutuhkannya.

Optimalkan kecepatan loading situs Anda

Trik Membuat Pengunjung/Visitor Betah di Blog Anda - Optimalkan kecepatan loading situs Anda

Selisih satu detik pun dapat menyebabkan pengunjung meninggalkan situs Anda. Anda dapat menguji kecepatan situs Anda dengan tool yang sudah disediakan oleh google dan mencari tahu langkah terbaik apa yang dapat Anda ambil untuk memperbaiki kecepatan loading situs web / blog Anda.

Dan mungkin Anda akan menemukan bukan hanya gambar yang besar saja yang memperlambat kecepatan situs Anda. Semuanya, mulai dari skrip sampai CSS dapat menyebabkan situs Anda berjalan lambat, itulah sebabnya juga penting untuk mengoptimalkan kecepatan loading situs. Loading situs yang stabil dan cepat baik di desktop maupun seluler, membuat pengunjung merasa puas dan berkemungkinan membuat mereka menjelajahi situs Anda lebih lama.

Tingkatkan keterbacaan halaman Anda

Trik Membuat Pengunjung/Visitor Betah di Blog Anda - Tingkatkan keterbacaan halaman

Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi meningkatkan keterbacaan memiliki efek terbesar dari berapa banyak waktu yang dihabiskan pengunjung di situs Anda. Perubahan sederhana seperti memperbesar ukuran font dan garis pisahnya dapat meningkatkan keterbacaan terutama pada ruang layar terbatas seperti di perangkat mobile.

Otak manusia pada dasarnya lebih suka membaca font san-serif (seperti arial atau lato) dari pada font serif (seperti Times New Roman) karena bentuknya lebih mudah dimengerti. Dengan font serif dilayar meskipun sepersekian detik, waktu membaca menjadi lebih lambat.

Berikanlah pengunjung sesuatu yang lain untuk dilakukan

Trik Membuat Pengunjung/Visitor Betah di Blog Anda - Artikel konten terkait

Seringkali ketika menulis konten, kita mengakhirinya dengan tulisan rapi yang menutup penjelasan konten. Tetapi apakah sudah terpikirkan apa yang harus dilakikan pengunjung setelah mereka membaca postingan Anda?

Sangat mungkin bahwa setelah pengunjung membaca artikel Anda dan mendapatkan apa yang mereka mau, lalu pergi begitu saja. Tetapi Anda dapat mendiring mereka untuk bertahan lebih lama dengan menambahkan Konten terkait, video atau infografis di bagian bawah artikel. Tambahkan juga ajakan untuk memotiasi mereka agar terus membaca konten Anda, berikan peluang sebanyak mungkin untuk interaksi pengguna lebih lanjut. Selain itu terus tautkan posting, artikel, dan konten lain yang relevan, Anda mungkin akan dapat merasakan perubahan dari statistik pengunjung web / blog Anda.

Referensi : http://graphicdesignjunction.com

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Subscribe our newsletter to stay updated.