Mengapa Harus Menaikkan Biaya Desain Anda ?

Tentu saja sebagai seorang desainer grafis kita juga ingin dibayar dengan layak atas hasil kerja kita, tapi bagaimana tepatnya kita bisa mencari tahu berapa harya yang layak untuk kita ?. Inilah cara yang sangat sederhana namun terpercaya untuk menentukan berapa Anda perlu dibayar per jam untuk membantu mencapai tujuan bisnis Anda.

Efektifitas Waktu : Jika Anda sedang bekerja, hitunglah itu.

Sadari waktu Anda sehingga Anda akan dibayar untuk perkerjaan yang diselesaikan, bahkan untuk pekerjaan kecil. Dengan tepat mencatat waktu Anda akan mempermudah perkiraan anggaran untuk proyek yang akan datang. Jangan takut untuk mencatat berapa pengeluaran dan waktu yang Anda keluarkan untuk menyelesaikan sebuah proyek.

Banyak dari beberapa desainer bahkan menggunakan software akuntansi untuk membantu mempermudah proses penagihan, hal ini akan memberikan lebih banyak akuntabilitas pada faktur Anda.

Baca Juga :





Biaya : Berapa biaya yang Anda keluarkan untuk setiap bulan/proyek yang dikerjakan ?

Hitung berapa biaya yang Anda keluarkan, jadi Anda tahu apa yang Anda bayar. setiap rupiah yang dihabiskan untuk membeli barang-barang atau keperluan yang membantu proses bisnis Anda, kecil ataupu besar harus dipertanggungjawabkan saat menetapkan biaya Anda.

Contoh biaya untuk desainer freelance biasanya mencakup:
  • Langganan Online (vector, icon dll),
  • Biaya berlangganan/membeli Software desain,
  • Hardware (Laptop/komputer, prnter dll),
  • Biaya listrik,
  • Biaya Internet,
  • dan barang lain yang anda beli untuk digunakan dalam proses kerja secara parsial atau keseluruhan(seperti kertas dan lainnya).

Keuntungan : Berapa banyak yang ingin Anda hasilkan setiap bulan/proyek ?

Keuntungan adalah apa yang ingin Anda capai untuk memenuhi tujuan bisnis dan standar hidup Anda.

Titik awal yang baik adalah menetapkan target gaji bulanan diri Anda sebagai "karyawan" bisnis Anda. Selanjutnya, pertimbangkan apa tujuan Anda dengan binis freelance Anda. Apakah Anda ingin memperluas atau menambah modal baru untuk masa depan? Tambahkan 10%-20% dari gaji target Anda untuk mengakomodasi pertumbuhan bisnis Anda.

Contoh: Gaji target saya adalah Rp. 5jt/bulan. Setelah menambahkan 10% untuk pertumbuhan bisnis itu menjadi Rp. 5,5jt.

Penelitian Industri : Apa yang Anda ketahui tentang klien ?

Apakah klien cenderung lebih sensitif terhadap harga karena bisnis mereka ? Organisasi nirilaba, UKM, Rumah Makan, atau perusahaan kecil dan sebagian besar pengusaha kecil di Indonesia adalah beberapa contoh klien yang sensitif terhadap harga, sadari hal ini sebelum Anda mengajukan biaya dan jelaskan dengan benar alasan Anda mengajukan biaya tersebut agar mereka tidak langsung kabur dan Anda kehilangan calon klien potensial Anda.

Temukan harga lokal Anda. Cobalah cek bagaimana freelance lain menetapkan harga mereka. hal itu akan memberikan Anda acuan yang lebih baik untuk menyusun harga Anda. Ini dapat membantu Anda tetap kompetitif di pasar dengan harga yang lebih tinggi dimana harga bisa membuat Anda di tolak.

Bagaimana Cara Memberitahu Klien Anda ?

Untuk sebagian besar pekerjaan freelance, email adalah cara yang tepat untuk menghubungi klien Anda mengenai harga yang Anda tawarkan, namun sesekali cobalah untuk melakukannya melalui panggilan telepon atau pertemuan langsung hal ini bisa lebih meningkatkan kepercayaan klien terhadap Anda.

Kenapa Harus Menaikkan Biaya Desain Anda ?

Banyak alasan yang bisa dijadikan acuan untuk masalah ini diantaranya adalah :

  • Biaya peralatan yang semakin besar (seperti listrik dan internet)
  • Jam terbang yang semakin padat
  • Portofolio yang semakin banyak dan berkualitas
  • Testimoni / feedback yang baik dari klien

Tentu Anda tidak ingin selalu berada dibawah bukan ? memang diawal sebagai pemula kita tidak bisa menentukan harga yang terlalu tinggi untuk desain kita, terlebih portofolio masih sedikit dan pengalaman kerja yang kurang. Namun seiring dengan berjalannya waktu portfolio akan semakin terkumpul dan pengalaman akan semakin bertambah tentu kualitas hasil desain Anda juga meningkat, disaat inilah Anda harus menaikkan biaya Anda untuk menunjukkan dimana tempat Anda berada bahwa Anda bukan lagi seorang pemula amatiran tapi Adalah seorang professional dibidangnya.

Tambahan:
Tetap perhatikan hal diatas sebelum mengambil keputusan terlebih orang indonesia sangat sensitif dengan harga, pastikan bahwa karya Anda layak di hargai tinggi dengan meminta feedback dari klien sebelum memutuskan menaikkan harga karena akan sangat berbahaya jika Anda salah perhitungan, bukan menambah penghasilan Anda tapi malah merugikan Anda. tulisan ini hanya sebagai informasi bukan bersifat panduan yang harus diikuti, hanya diri Anda sendiri yang bisa menentukan seberapa layak karya Anda untuk dihargai.

Sumber : Google.co.id