Daftar Aplikasi Desain Grafis Alternatif Pengganti CorelDRAW dan Illustrator

Kumpulan daftar software desain grafis 100% gratis sebagai alternatif pengganti dari CorelDRAW dan Adobe Illustrator
Aplikasi Alternatif Pengganti CorelDRAW Illustrator

Dalam proses desain, aplikasi merupakan sebuah hal yang sangat penting dan dibutuhkan bagi seorang desainer grafis. Sebuah desian logo hanya akan menjadi sketsa diatas kertas biasa jika tidak di olah lebih lanjut dengan seoftware grafis, Permasalahan selanjutnya adalah tidak semua orang bisa dan mempunyai uang lebih untuk membeli sebuah software grafis yang harganya terbilang fantastis.

Bagi desainer yang sudah punya nama dan mempunyai klien tetap mungkin hal ini bukanlah masalah, tapi bagi orang yang baru meniti karir dibidang desain grafis merupakan hal yang berat menyisihkan uang mereka untuk membeli software grafis seperti CorelDRAW, Adobe Illustrator atau aplikasi berbayar lainnya.

Jika menilai dari fitur dan kelebihan, CorelDRAW dan Illustrator memanglah yang terbaik dan sangat digemari terutama spesialis Print Design atau desain yang berhubungan dengan cetak-mencetak seperti flyer brosur, kalender, kartu nama, stationery dan lainnya. Namun untuk mendapatkan lisensinya harga yang ditawarkan juga tidak murah.

Untuk itu kami membagikan beberapa daftar kumpulan aplikasi dari yang berbayar (dengan harga lebih murah) sampai yang 100% gratis untuk membantu menunjang pekerjaan Anda. Daftar aplikasi ini diurut berdasarkan kemampuan, fitur dan kelebihan lain yang dimilikinya, semuanya bisa menjadi alternatif untuk pengganti CorelDRAW dan Illustrator. semoga ini bisa membantu menyelesaikan masalah Anda :

Software berbayar

1. Affinity Designer

Aplikasi Pengganti CorelDRAW Illustrator - Affinity Designer

Dibuat oleh Serif Labs yang berbasis di Inggris, Affinity designer addalah software editor grafis yang dirancang sebagai alternatif lain dari Adobe Illustrator. Serif didirikan pada tahun 1990an sebagai pengembang perangkat lunak kelas atas untuk dekstop PC / Windows dengan biaya rendah untuk pengguna pemula, kini perusahaan tersebut mencoba mengambil pasar perangkat lunak grafis (software grafis) dengan menghadirkan Affinity Designer, Photo dan Publisher.

Affinity Designer hadir dengan semua standar pen dan shape tools untuk membantu pengerjaan vector kompleks dan artwork berbasis pixel. Dengan persona toolbar yang membagi vector, pixel dan eksport tools menjadi tiga bagian, pengguna dapat beralih diantara rangkaian tool sets tanpa ada gangguan pada alur kerja. Bagi desainer yang bekerja di Photoshop dan Illustrator secara bersamaan, menggunakan Affinity Designer mungkin merupakan penghemat waktu.

Baca : Review - Affinity Designer Pesaing Adobe Illustrator Lengkap

Software Open Source(Gratis)

2. Inkscape

Aplikasi Pengganti CorelDRAW Illustrator - Inkscape

Inkscape merupakan Software pengolah vector yang sifatnya open source (Gratis) dibawah lisensi GNU GPL (GNU General Public License) dan tujuan utamanya menjadi perangkat pengolah grafik vector yang memenuhi standar XML, SVG dan CSS. Inkscape sama seperti software CorelDRAW, Adobe Illustrator dan lainnya, hanya saja Inkscape menggunakan file SVG (Scalable Vector Graphics) yang sekarang memenuhi standar XML W3C.

SVG adalah singkatan dari Scalable Vector Graphics dan merupakan format file baru untuk menampilkan grafik dalam pengembangan web yang berbasis XML (Extensible Markup Language).

Baca selengkapnya...

Download: Inkscape

3. Grafvit Designer

Aplikasi Pengganti CorelDRAW Illustrator - Gravit Designer

Gravit Designer adalah software desain vector dengan fitur lengkap yang cocok untuk semau jenis pekerjaan desain mulai dari desain grarfis, ikon, presentasi dan ilustrasi.

Dengan interface yang bersih dan enak dilihat serta bisa di sesuaikan sendiri sesuai kebutuhan Anda, aplikasi gratis ini dilengkapi berbagai tools untuk membuat desain vector yang detail termasuk diantaranya Knife Tools, Path Graphs, multiple fills and blending serta text tool yang baik.

File yang dihasilkan akan di ekspor sebagai PDF, SVG atau Bitmaps, dan jika ada layanan tambahan Gravit Cloud yang memungkinkan Anda untuk mengedit desain dimana pun Anda berada.

Download: Gravit Designer

4. Vectr

Aplikasi Pengganti CorelDRAW Illustrator - Vectr

Vectr tersedia sebagai aplikasi online web browser atau aplikasi dekstop, merupakan editor grafis untuk membuat desain vector 2D. Dengan semua fitur yang diperlukan untuk membuat vector, ditambah banyaknya pilihan efek yang bisa digunakan seperti filter, shadow, dan font, itu cukup fleksibel dan mumpuni sebagai software grafis untuk menyelesaikan tugas Anda.

Salah satu tambahan fitur yang sangat berguna adalah Live Collaboration dan synchronisation options yang memungkinkan Anda berhubungan dengan siapaun, dimana saja, untuk membuat desain vector bersama-sama.

Download: Vectr

5. Krita

Aplikasi Pengganti CorelDRAW Illustrator - Krita

Software ini lebih khusus ke digital painting, concept artist, illustratormatte and tekxture artist. Krita adalah software gratis open source yang telah di kembangkan sejak tahun 1999, aplikasi ini dilengkapi dengan full set brush tool yang cocok untuk semua jenis style digital painting, serta banyak plugin yang tersedia mulai dari advance filter hingga painting assistants untuk artwork perspektif.

Sangat cocok untuk orang yang menekuni digital painting atau seniman komik yang tidak bisa membeli lisensi photoshop, termasuk fitur penting yang disertakan adalah stabilistor untuk memuluskan garis apapun, wrap-around mode untuk membuat tekstur dan pola yang mulus, serta pop-up paletter untuk pemilihan warna yang cepat.

Silahkan mencobanya untuk merasakan pengalaman yang lebih dan beri peilaian Anda.

Download: Krita

6. GIMP

Aplikasi Pengganti CorelDRAW Illustrator - GIMP

Salah satu software desain grafis open-source terbaik berikutnya adalah GIMP singkatan dari GNU Image Manipulation Program, merupakan alternatif lain pengganti software Adobe Photoshop dab sekarang sudah tersedia dalam versi Linux, Windows dan Mac.

Interface GIMP agak berbeda dengan photoshop, tetapi secara keseluruhan versi GIMP terinspirasi dari nuansa tampialan Adobe, membuatnya lebih mudah digunakan bagi yang sudah mahir memakai photoshop. Tools yang disediakan juga lengkap tidak kalah dengan photoshop serta mudah untuk digunakan, termasuk didalamnya ada Painting Tools, Color Correction, Cloning, Selection and Enhancement.

Para developer aplikasi ini juga bekerja keras untuk memastikan kompabilitas dari aplikasi ini, sehingga Anda dapat mengedit semua format file populer tanpa ada masalah sama sekali.

Download: GIMP

7. Photo Pos Pro

Aplikasi Pengganti CorelDRAW Illustrator - Photo Pos Pro

Jika Anda memerlukan software pengedit bitmap/gambar alternatif selain photoshop atau GIMP, maka Photo Pos Pro adalah pilihan selanjutnya, Dibangun dengan peningkatan kualitas gambar dan editing, sangat cocok untuk pengeditan foto yang khas seperti memperbaiki kontras, pencahayaan dan saturation, serta tersedia tools pendukung lainnya.

Ditambah dengan interface / antarmuka yang sangat user-frienfly dan bisa di custom sesuai kenyamanan pengguna, selain itu juga terdapat plugin pendukung untuk menunjang proses editing gambar yang lebih baik.

Download: Photo Pos Pro

8. Easel.ly

Aplikasi Pengganti CorelDRAW Illustrator - Easel.ly

Membuat infografis menjadi lebih mudah dengan template gratis dan antarmuka software yang jelas.

  • Mudah dipelajari dan dikuasai
  • Kualitas template yang sangat baik
  • Dan tanpa perlu menambahkan watermark (100% gratis).

Ketika Anda perlu membuat infografis, Anda dapat membuatnya secara manual dengan software grafis seperti CorelDRAW, Illustrator, Affinity Designer atau software lainnya. Atau jika tidak ingin membuang waktu Anda bisa memakai tools khusus seperti Easel.ly

Easel.ly adalah salah satu yang terbaik, menawarkan pilihan template yang bagus untuk mempermudah Anda bereksperimen, ditambah berbagai pilihan bentuk dan tools lain untuk mengedit desain yang ada atau membuat desain Anda sendiri dari awal.

Anda dapat mendownload hasil Infografis buatan Anda dalam format PDF atau JPG, dengan pengaturan kualitas yang bisa dsesuaikan untuk penggunaan web atau cetak. Walaupun basic tools-nya gratis digunakan, sayangnya untuk mengakses ekstra elemen tambahan dikenakan biaya kecil, tetapi tidak seperti banyak online graphics tools lainnya, Easel.ly tidak akan memberi watermark pada hasil desain Anda.

Download: Easel.ly