Pengertian Pangram

Apa Anda pernah melihat atau membaca kalimat "The Quick Brown Fox Jumps Over the Lazy Dog"? jika diartikan kedalam bahasa Indonesia kalimat tersebut berbunyi "Rubah Cokelat yang Cepat Melompati Anjing Malas". Dalam dunia tipografi kalimat ini dikenal dengan istilah Pangram, bentuknya bermacam-macam seperti "Jackdaws love my big sphinx of quarts" dan sebagainya.

Sekilas mungkin terdengar aneh arti dari kalimat tersebut, Namun Frasa tersebut dibuat memiliki makna dan tujuan tersendiri karena itulah kalimat ini sering digunakan, sebagai contoh ketika Anda melihat review sebuah font pada OS Windows, Maka Anda akan menemukan kalimat ini.

Lihat Juga :





Pengertian Pangram - Contoh Pangram

Jadi apa arti dan fungsi dari kalimat tersebut ? dikutip dari Wikipedia Pangram adalah sebuah kalimat yang mengandung semua huruf alfabet (dari A sampai Z).

Pangram, atau kalimat holoalfabetis, adalah suatu kalimat yang menggunakan semua huruf dalam suatu aksara paling tidak satu kali. Pangram digunakan untuk menampilkan rupa huruf, menguji alat, serta mengembangkan keterampilan tulisan tangan, kaligrafi, dan mengetik. Contoh pangram yang terkenal dalam bahasa Inggris adalah kalimat "the quick brown fox jumps over the lazy dog" yang mencantumkan ke-26 huruf aksara Latin.

id.wikipedia.org

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa kalimat tersebut berfungsi untuk membantu latihan mengetik, menguji mesin tik dan keyboard komputer, menunjukkan karakter huruf dan aplikasi lainnya yang melibatkan semua huruf abjad (A-Z).

Pangram yang sempurna adalah pangram yang mencantumkan setiap huruf hanya satu kali dan dapat dianggap sebagai anagram dari alfabet tersebut. seperti beberapa contoh dibawah ini :

  • Cwm fjord bank glyphs vext quiz. (Carved symbols in a mountain hollow on the bank of an inlet irritated an eccentric person.)
  • Squdgy fez, blank jimp crwth vox! (A short brimless felt hat barely blocks out the sound of a Celtic violin. - created by Claude Shannon)
  • Jink cwm, zag veldt, fob qursh pyx. (Cross valley and plain to steal coins from Saudi mint. - created by Stephen Wagner)
  • Veldt jynx grimps waqf zho buck. (A grasslands wryneck Woodpecker climbs onto a male bovid on Muslim land held in trust. - created by Michael Jones)
  • Junky qoph-flags vext crwd zimb. (An Abyssinian fly playing a Celtic violin was annoyed by trashy flags on which were the Hebrew letter qoph.)

Silahkan kunjungi laman wikipedia untuk melihat daftar lengkap dari pangram.

Sejarah Singkat Panagram

Pengertian Pangram - Sejarah Pangram

Kalimat Panagram ini muncul pertama kali pada sebuah jurnal pendidikan dan pelajaran The Michigan School Moderator, dalam artikel yang berjudul "Interesting Notes" pada 14 Maret 1995 dengan topik "Frase yang Disarankan untuk Praktik Menulis" dan kalimat yang disarankan tersebut adalah A Quick Brown Fox Jumps Over the Lazy Dog atau terkadang kata "A" diganti dengan "The". Beberapa sumber lain awalnya juga menggunakan variasi ini.

Pada abad ke-19 saat mesin ketik tumbuh, kalimat ini muncul dalam buku pelajaran mengetik dan stenografi sebagai praktek kalimat. Pada pergantian abak ke-20, kalimat ini menjai lebih dikenal secara luas tepatnya pada 10 Januari 1903 di Pitman's Phonetic Journal, frase ini disebut sebagai "Hal yang paling dikenal dan mudah dihafal untuk alur mengetik yang merangkul semua huruf abjad".

Pesan pertama yang dikirim pada hotline Moscow-Washington juga menggunakan kalimat "THE QUICK BROWN FOX JUMPED OVER THE LAZY DOG'S BACK 1234567890". Kemudian si penerima dan penerjemah pesan di Russia menanyakan kepada si pengirim pesan "Apa maksud kalian dengan mengatakan "Rubah cokelat yang cepat melompati anjing yang malas"?

Pangram dalam Bahasa Indonesia

di artikel wikipedia juga terdapat Pangram dalam bahasa Indonesia hanya saja sangat jarang digunakan, dalam bahasa jawa pun juga ada pangram.

  • Muharjo seorang xenofobia universal yang takut pada warga jazirah, contohnya Qatar.
  • Saya lihat foto Hamengkubuwono XV bersama enam zebra purba cantik yang jatuh dari Alquranmu.
  • Wibowo naik vespa dari Roxy ke Islamic Center Jakarta ikut program tahfizh Al Quran.

Referensi:
id.wikipedia.org/wiki/Pangram