Tips Membuat Nota Yang Professional dan Baik

Posisi nota dalam sebuah instasi bisnis sangat diperlukan untuk mencatat kegiatan/proses transaksi dengan klien. Kama dari itu penting untuk membuat nota yang professional karna hal ini akan berpengaruh pada bisnis anda.

Fungsi nota tak hanya untuk mencatat transaksi bisnis saja, tapi kita juga bisa memanfaatkan nota sebagai alat untuk mendongkrak popularitas bisnis kita. Caranya bagaimana ?, yaitu dengan membuat nota kita terlihat lebih professional. Dengan cara ini maka secara tidak sengaja klien akan menilai anda adalah orang yang berkompetensi dan besar kemungkinan mereka akan menyarankan teman atau kerabatnya untuk membeli produk / jasa anda.

Baca Juga :



Bagaimana cara membuat nota yang baik dan lebih professional ? berikut 5 tips yang bisa anda pakai untuk membuat nota yang lebih baik dan professional :

1. Ukuran

Pilihlah ukuran nota yang sesuai dengan kebutuhan anda, atau bila anda tidak bermasalah dengan budget anda bisa menyediakan 3 ukuran, ukuran kecil, sedang, dan besar. Ukuran kecil untuk mencatat transaksi kecil dan ukuran yang lebih besar untuk transaksi yang lebih besar.

Ukuran nota memakai kertas folio yang dibagi, pembagiannya bervariasi bisa 1/2, 1/3, ¼ dan lain-lain. Berikut ukuran nota secara lengkap :

Tips Membuat Nota Professional Yang Baik - Ukran Nota

2. Bahan kertas

Banyak bahan kertas yang bisa dipakai dalam pembuatan nota. Namun pada umumnya, nota memakai bahan kertas NCR (kertas yang sudah mengandung serat karbon).

Tips Membuat Nota Professional Yang Baik - Bahan Kertas NCR

3. 2 Ply atau lebih

Maksud 2 Ply adalah nota yang memiliki 2 rangkap kertas dengan bahan NCR. Rangkap atau Nota utama yang diberikan kepada klien dan rangkap bawah untuk disimpan sebagai bukti transaksi serta untuk memudahkan proses pembukuan (akutansi).


4. Numbering

Numbering berfungsi untuk memberikan nomor pada nota dengan tujuan untuk memudahkan penulisan faktur dan memudahkan penghitungan transaksi yang sudah dibukukan.
Untuk tutorial membuat Numbering di nota bisa anda lihat di link dibawah :

Tips Membuat Nota Professional Yang Baik - Numbering/Numerator Nota

** Baca : Cara Cepat membuat Nomerator Pada Nota

5. Desain Unik

Desain berperan penting untuk membuat nota yang lebih professional karena desain adalah hal pertama yang dilihat dan diperhatikan oleh klien.
Dalam mendesain nota tak hanya unik dan elegan saja, tapi anda harus memperhatikan unsur kecocokan dengan jenis bisnis yang anda geluti. Desain yang tidak cocok akan membuat anda terlihat amatir, sebaliknya desain yang cocok membuat anda berhasil membuat nota yang professional.

Tips Membuat Nota Professional Yang Baik - Nota Desain Unik