Trend Desain Logo 2016

Berikut beberapa tehnik desain logo yang dipredeksikan akan bersinar pada tahun 2016 nanti.

Kebanyakan desainner logo yang sukses selalu mengambil resiko yang besar dalam bagaimana mereka menggabungkan beberapa elemen seperti typografi, geometri dan ruang negative (Negative Space) dalam projek desian mereka. Perlu anda ketahui sebuah perusahaan atau produk akan terus-menerus berusaha untuk mencari lebih banyak customer/pelanggan dan akan terus bersaing keras untuk mendapatkan perhatian para konsumen.

Maka dari itu sebagai seorang desainer grafis anda harus dituntut untuk selalu memberikan inovasi baru dalam desain yang bisa terus mengikuti perkembangan jaman dan bisa menarik lebih banyak audience.

Baca Juga :



Nah, untuk membantu anda dalam menyelesaikan desain anda kami memberikan informasi predeksi trend desain yang kemungkinan besar bersinar ditahun 2016 kedepan untuk menginspirasi anda dalam mengerjakan projek desain anda berikutnya.

Disini ada 7 tehnik desain logo yang akan menjadi trend di tahun 2016 ini, beberapa dari 7 tehnik desain logo ini merupakan tehnik lama yang menjadi tren di tahun 2015 dan masih bertahan sampai tahun 2016 ini karena terbukti masih banyak diminati oleh perusahan atau brand dan masih menarik perhatian audience dari segi desainnya.

1 . Monoline

Monoline adalah tehnik desain logo yang hanya menggunakan line (garis) yang mendominasi dalam pembuatannya. Desain monoline lebih bergerak kearah desain minimalis, namun tidak seperti Desain logo Negative space, jika negative space lebih memanfaatkan ruang kosong dalam pembuatan logo maka monoline lebih memanfaatkan garis luar ataupun garuis batas dan membiarkan bagian dalam logo kosong, tehnik ini hampir sama dengan tehnik Bold & Thin line Logo Design

Trend Desain Logo 2016 - Monoline Logo Design
Trend Desain Logo 2016 - Monoline Logo Design

2. Negative Space

Tehnik Logo minimalis ini masih terus mendominasi hingga saat ini, dan tehnik desain yang menjadi tren ini masih akan terus berkembang hingga tahun 2016 mendatang.
Penggunaan ruang negative dalam logo dapat menghasilkan logo yang menarik dan unik, namun tetap mempertahankan kesederhanaan dan simple.


3. Calligraphy And hand Lettering

Kecenderungan perusahaan atau brand yang menginginkan untuk logo yang terlihat lebih 'Handmade' akan terus berkembang pada tahun 2016 mendatang. Brand atau merek banyak yang menginginkan sentuhan Elegan pada logo mereka, bahan pemasaran/promosi, dan lain-lain. Dan hal inilah yang membuat Tehnik Desain logo kaligrafi dan handlettering semakin diminati dan terus berkembang.


4. Vintage Logo Tehnique

Sama seperti Tehnik Desain Calligraphy dan Hand Lettering, Tehnik Desain logo Veintage yang sangat dekoratif semakin diminati dan dapat bekerja dengan baik serta terlihat lebih menarik terutama untuk bisnis seperti Restoran, Cafe ataupun Klub Musik.

Trend Desain Logo 2016 - Vintage Logo Design
Trend Desain Logo 2016 - Vintage Logo Design
Trend Desain Logo 2016 - Vintage Logo Design

5. Shaded Logo Tehnuqe

Tehnik Desain Logo Shaded membangkitkan nuansa tampilan yang lebih vintage dan nostalgic. Tren desain ini lebih lambat bangkit dan berkembang dikarenakan desain logo minimalis seperti Negative Space yang masih mendominasi pasar desain. Tapi dengan memasukkan tipografi multi-dimensi kedalam logo ini, logo ini terlihat memiliki kepribadian lebih dan paling cocok untuk brand / merek yang ingin tampil modern dan lebih bergaya.

Trend Desain Logo 2016 - Shaded Logo Design
Trend Desain Logo 2016 - Shaded Logo Design
Trend Desain Logo 2016 - Shaded Logo Design
Trend Desain Logo 2016 - Shaded Logo Design

6. Dramatic Typography

Tidak peduli apakah itu logo sederhana ataupun rumit, Logo yang besar ataupun kecil, logo semakin ditingkatkan untuk memberikan kesan dramtis, artinya sebuah logo tidak hanya dilihat dari nama mereka saja, tetapi juga ditulis dengan cara yang lebih unik dan menawan / memikat. Tehnik desain logo ini memperhatikan atau menekankan kepada penggunaan font yang bergaya unik dan bentuk yang lebih personal.

Trend Desain Logo 2016 - Typohraphy Logo Design
Trend Desain Logo 2016 - Typohraphy Logo Design
Trend Desain Logo 2016 - Typohraphy Logo Design

7. Focus On Wordmarks

Pada tehnik ini desainer logo lebih berfokus pada wordmarks (atau Logotype) dari pada sebelumnya. Wordmarks yang lebih komplit dan mandiri dapat meningkatkan pengenalan merek, dan dapat bertahan selama beberapa tahun mendatang.

Trend Desain Logo 2016 - Wordmarks Logo Design
Trend Desain Logo 2016 - Wordmarks Logo Design
Trend Desain Logo 2016 - Wordmarks Logo Design

Ketika seorang desainer grafis merancang sebuah brand identity, tidak ada satu formula tunggal dalam bagaimana menciptakan logo yang sempurna, tetap juga campur tangan dari perusahaan atau brand juga harus ikut andil dan memberi pengaruh dan arahan dari segi pesan ataupun materi desainnya, desain logo yang baik juga harus mengikuti tren desain logo yang terus berkembang dari tahun ke tahun.

Artikel ini semata-mata hanya predeksi kemungkinan desain yang akan menjadi tren di tahun 2016 mendatang, artinya tidak dapat sepenuhnya dijadikan acuan dalam desain logo anda. Tetapi lebih kearah membantu desainer untuk tetap didepan dan tidak tertinggal serta membantu memberikan informasi dalam menciptakan desain visual yang khas di tahun yang akan datang.