Seperti yang telah diketahui mockup sangat berguna sekali bagi seorang desainer grafis atau penggiat usaha kreatif untuk menampilkan karya / mempromosikan produk mereka, kebanyakan mockup yang ada merupakan file dengan eksitensi .PSD yang dibuka memakai sotfware Adobe Photoshop, ini adalah format asli dan memang format terbaik untuk mockup adalah PSD karena photoshop mendungkung Multiple Layered dan Smart Object yang sangat memudahkan penggunannya.

Pada dasarnya mockup adalah sebuah gambar tampilan dan software yang cocok untuk ini memang Photoshop. Namun bukan berarti mockup tidak bisa dibuat dengan format lain, hanya saja hal itu akan sedikit lebih sulit.

Karena tidak semua pengguna mempunyai sotfware photoshop pastinya mereka akan kesulitan untuk menggunakan mockup, maka pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah trik yang bisa anda terapkan untuk membuat mockup realistik dengan CorelDRAW.
Objek yang digunakan dalam tutorial ini adalah mockup hoodie, tutorial ini juga bisa diaplikasikan kedalam objek lain seperti Tshirt, Polo Shirt, Raglan atau jenis kaos lain.

Tutorial Membuat Mockup Realistic Menggunakan CorelDRAW

Karena kita akan membuat mockup yang realistik maka hal utama yang diperlukan adalah sebuah tekstur dari mockup tersebut untuk memberi kesan real pada desainnya nanti. Corel bukan software berbasis bitmap maka kita harus memakai trik memakai tools yang ada untuk mengakalinya.

Sebelum memulai tutorial ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menghasilkan mockup yang bagus dan realistik yaitu :
  1. Objek gambar atau kaos yang digunakan harus berwarna putih polos (penting).
  2. Tekstur / lipatan dari kaos harus terlihat jelas.
  3. Tampilan kaos bagian depan atau belakang tidak dalam sudut perspektif.

Sebagai contoh berikut kami tampilkan gambar yang sudah memenuhi syarat :
Tutorial Membuat Mockup Realistic Menggunakan CorelDRAW

Anda bisa menggunakan gambar lain sesuai keinginan anda, silahkan cari di internet atau google tapi harus cek lisensinya terlebih dahulu sebelum mengunduhnya.

Baca Juga :

  1. Mengenal Lebih Jauh Fungsi Extrude Pada CorelDRAW
  2. Mengenal Lebih Jauh Fungsi Shaping Di CorelDRAW
  3. Mengenal Bagian-Bagian CorelDRAW Secara Lengkap
  4. Tutorial Membuat Flat Long Shadow Di CorelDRAW
  5. Tutorial Membuat Triangulation Background

Detail Tutorial
Program : CorelDRAW
Tingkat Kesulitan : Sukar
Perkiraan Waktu : 50 Menit

1. Objek Kurva

Pertama-tama buatlah objek kurva yang mengelilingi gambar dengan menggunakan 3-Point Curve, Bezier tool, Pen tool atau tools lain sesuai keahlian anda, hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah :

Tutorial Membuat Mockup Realistic Menggunakan CorelDRAW

Objek ini penting nantinya akan digunakan untuk membuat tekstur dan memberi warna pada mockup, jadi pastikan anda membuatnya dengan rapi dan menutupi seluruh area gambar.

2. Shaping Tools

Tahap selanjutnya adalah menggunakan shapping tool, jika objek kurva yang anda buat lebih dari satu maka harus di combine terlebih dahulu dengan cara seleksi kedua objek tersebut kemudian tekan Ctrl + L :

Tutorial Membuat Mockup Realistic Menggunakan CorelDRAW

Setelah selesai seleksi kedua objek kurva dan gambar tadi lalu tekan "intersect" maka kita akan mendapatkan satu objek gambar yang mengikuti lekukan dari kurva yang dibuat sebelumnya, anda bisa menghapus objek gambar pertama karena sudah tidak dibuthkan lagi.

Tutorial Membuat Mockup Realistic Menggunakan CorelDRAW

Pindahkan objek gambar keatas dengan cara klik kanan > Order > To Front Of Layer atau bisa langsung tekan Shift + pgUp setelah itu duplikat gambar tersebut menjadi 3 buah gambar dengan cara tekan Ctrl + D atau copy paste Crtl + C > Ctrl + V

Tutorial Membuat Mockup Realistic Menggunakan CorelDRAW

Untuk lebih mengetahui tentang fungsi shapping bisa baca di artikel ini

3. Transparency Tools

Setelah gambar tadi di duplikat menjadi 3 beri efek transparan ke masing-masing gambar dengan ketentuan seperti di bawah :

  • Gambar 1 : beri efek transparan > Uniform > Multiply > 60-70
  • Gambar 2 : beri efek transparan > Uniform > Subtract > 60-70
  • Gambar 3 : beri efek transparan > Uniform > Overlay > 45

    Contoh :
    Tutorial Membuat Mockup Realistic Menggunakan CorelDRAW

Jika selesai grup 3 gambar tadi dengan cara seleksi ke-3 gambar bitmap tersebut lalu tekan Ctrl + G, dan tekstur dari mockup telah selesai dibuat.
Sampai tahap ini sebenarnya mockup telah selesai dibuat silahkan beri warna pada objek kurva yang pertama dibuat tadi dan hilangkan outlinennya, kemudian anda bisa meletakkan desain anda diatas kurva tadi dan selesai.

Tutorial Membuat Mockup Realistic Menggunakan CorelDRAW

4. Finishing

Mockup sudah selesai dibuat hanya saja untuk lebih memberi kesan realistik anda bisa menambahkan effek shadow/bayangan pada mockup, tambahkan juga background untuk mempercantik tampilannya dan anda bisa tambahkan sedikit variasi dengan membuat kurva baru untuk warna lengan atau bagian kerahnya, silahkan kreasikan sesuai selera anda.

Tutorial Membuat Mockup Realistic Menggunakan CorelDRAW


File Information
File Name //Modul Tutorial Mockup CoreldrawFile Include //Tutorial Membuat Mockup Dengan CorelDRAW
Bahan Mockup
Hasil Mockup CDR
File Size //11.9 Mb
Download