Siapakah Desainer Grafis itu ?

Mungkin kita sudah tidak asing dengan kata 'desainer' dan bahkan banyak yang mengaku sebagai 'desainer grafis professional', tapi banyak yang belum tahu apa arti sesungguhnya dari desainer grafis itu. Apakah semua orang bisa menjadi seorang desainer grafis ? Simak penjelasan di bawah untuk mengenal lebih lanjut tentang siapa desainer itu :

Siapa Desainer Grafis ?

Desainer adalah seorang yang terampil mereka mengambil dua ruang lingkup dalam dunia kerjanya, ruang lingkup visual dan konseptual. Seorang desainer harus mampu meneliti garis, warna, bentuk, volume dan tekstur. Selain itu, mereka harus mampu memperhatikan hubungan antara berbagai hal dan menentukan irama dan repetisinya pada sesuatu yang mereka lihat.

Baca Juga :




Secara konseptual, para desainer seringkali memperhatikan suatu gagasan dari berbagai sisi dan mencari pendekatan-pendekatan dari sisi tersebut dengan suatu tindakan yang tidak umum. Kebiasaan ini merupakan bentuk pemahaman sekaligus sumber masukan bagi kreativitas mereka. Bagi desainer, suatu objek atau gagasan dapat menjadi tempat bermain yang luas tak terukur, serta dapat menghasilkan gagasan yang segar(baru) bagi dirinya.

Aku adalah seorang arsitek yang membangun informasi. Arsitek di dalam definisiku tidak memiliki pengertian yang kaku. Bagiku, informasi berarti pemahaman, dan aku akan membuat berbagai hal yang menarik perhatianku untuk dapat dimengerti orang lain. /- Richard Saul Wurman
Studio pertamaku dibangun dengan kesadaranku akan profesi desain dan sebagai sebuah kesempatan untuk menggunakan kemampuan analitis pada keminatanku dibidang seni rupa. Aku menyadari bahwa profesi desain memiliki sifat alami yang secara konstan dapat menarik desainer ke dalam permasalahan yang sangat luas. /- Won Chung
Aku suka dengan kata-kata yang mengalir dan gagasan yang berubah menjadi sesuatu. Aku suka lingkungan sosial desain, para aktifis dalam lingkungan desain, juga aspek setetis dan praktis dalam kerja desain. /- Laurie Haycock Makalae
Diatas adalah ungkapan para desainer ternama, dan jika diamati, semuanya adalah cerminan dari kepribadian dan proses kreasi mereka. Para desainer serigkali mempunyai kepekaan terhadap sesuatu. Beberapa dari mereka dapat dikatakan sebagai seorang yang "off-center but more selft-directed" dibanding kebanyakan orang lain dalam sebuah lingkungan.

Siapakah Desainer Grafis itu ?

Berikutnya, membuat beragam hal adalah kebiasaan alamiah untuk para desainer. Bagaimanapun, berpikir tentang sesuatu atau berkata tentang sesuatu tidaklah cukup. Para desainer lebih merasakan bahwa proses membuat sesuatu yang rill akan melibatkan kekuatan pikiran, terutama saat berkaitan dengan sebuah format dan perubahannya, atau saat sebuah gagasan baru muncul tiba-tiba. Mereka selalu memulai sesuatu yang baru dan terkadang bermula dari tantangan yang tidak dikenal.

Desainer juga tertarik dengan definisi fungsi. Baginya, sesuatu itu haruslah menarik, bermanfaat dan memiliki fungsi. Sehingga dapat kita lihat dalam hal ini, bahwa tidak ada jenis desainer yang benar-benar universal ideal. karakteristik umum seperti kreativitas, keterbukaan pada gagasan yang baru, kemauan menjalankan sistem kinerja desain, dan keinginan keras menyelidiki dunia visual dianggap lebih lebih penting dibanding ciri yang harus spesifik dan definitif.

Dengan kata lain, setiap desainer pastilah berbeda, namun selalu mencari cara untuk dapat menyuling perbedaan dengan cara saling menghargai terhadap perbeaan itu sendiri.

Aku menjadi seorang desainer grafis sebab keterampilan terbaikku adalah menggambar, selain itu tidak terlatih. /- Colin Forbes

Apakah Semua Orang Bisa Menjadi Desainer Grafis ?

Desain grafis merupakan sebuah bidang pekerjaan tentu saja semua orang bisa menjadi desainer grafis, dengan menekuni bidan desain grafis Anda sudah bisa dianggap sebagai seorang desainer. Namun masih dalam tingkat newbie atau pemula, untuk menjadi seorang desaner professional membutuhkan waktu dan pengalaman yang tidak sedikit, pastinya juga dibarengi dengan latihan dan menguasai berbagai materi desain. Tidak menutup kemungkinan suatu saat Anda bisa menjadi desainer professional, maka dari itu teruslah berusah ! Jago Desain akan membantu anda memberi arahan untuk mencapai hal tersebut.

Berikutnya : Apa Yang Harus Di Pahami Seorang Desainer Grafis ?