Home Coreldraw

Fungsi Contour Tool CorelDRAW

Tools Contour berfungsi untuk memberikan garis tepi pada objek text atau kurva, dasarnya sama dengan outline hanya saja pada Contour pengguna bisa lebih leluasa mengatur ketebalan garis tepi dan total lapisan garis tersebut jika pada outline hanya bisa menggunakan satu garis tapi dalam tools contour ini Anda bisa leluasa menentukan berapa banyak garis yang dibutuhkan, dan masih banyak lagi fungsi lainnya yang akan dijelaskan di artikel ini.
Penjelasan mudahnya, contour memiliki fungsi untuk membuat duplikat dari objek tertentu dengan ukuran dan warna yang bisa diubah sesuai keinginan.
Tools ini lebih sering digunakan pada teks untuk menambah border (garis tepi) serta memberikan efek tulisan yang timbul dan lebih jelas, tapi terkadang juga digunakan untuk objek lain seperti lingkaran dan sebagainya. penggunaannya pun terbilang mudah hanya perlu klik tool contour pada bagian toolbox dan pilih objek yang akan diberikan efek ini. Lebih detailnya simak artikel ini sampai habis!

Beberapa kelebihan dari tools ini antara lain ialah;
  1. Lebih mudah digunakan, sama seperti tool lainnya tool ini terdapat pada bagian Toolbox, pengguna hanya perlu mencarinya pada bagian bawah kiri dari CorelDRAW.
  2. Lebih mudah di kustomisasi, Pada Outline Pen hanya mengubah tebal tipis garis batasnya yang berimbas pada semakin kecil objek utama terlihat, maka pada contour hal ini tidak berlaku.
  3. Dapat dipisah dari Objek utama, seperti yang dijelaskan diatas tool ini membuat duplikat dari objek utama, ketika dipisah (dengan menekan ctrl+k) akan menciptkan objek baru yang serupa dengan ukuran berbeda.

Pelajari Juga :

Fungsi Contour Tool CorelDRAW
Perbedaan mendasar pada Outline Pen dan Contour dengan ketebalan yang sama

Pengenalan Fungsi Contour

Beberapa fungsi yang bisa Anda pelajari dari contour tool yang terdapat pada bagian Property Bar, penting untuk mengetahui fungsi dan kegunaannya agar tool ini bisa digunakan lebih maksimal.

Fungsi Contour Tool CorelDRAW

  1. To Center : untuk menjadikan efek contour dari luar objek ke pusat objek sampai objek terkecil
  2. Inside Contour : untuk menjadikan efek contour dari luar ke dalam tetapi tidak sampai pusat objek.
  3. Outside Center : untuk menjadikan efek contour dari dalam objek ke luar objek
  4. Contour Step : menentukan jumlah duplikasi objek atau tingkatan yang diberikan efek contour.
  5. Contour Offset : untuk menentukan jarak antar objek contour.
  6. Contour Corner : untuk menentukan model garis tepi (Mitered Corners, Round Corners dan Bevel Corners)
  7. Contour Colors : untuk memilih efek perubahan warna pada objek contour.
  8. Outline Color & Fill Color : untuk memilih warna pada objek akhir contour.
  9. Object and color acceleration : untuk mengatur pola / akselerasi objek dan warna pada efek contour (hanya berfungsi pada contour dengan 2 tingkat atau lebih)
  10. Copy Contour Properties : untuk copy efek contour ke objek lain.
  11. Clear Contour : untuk mengilangkan efek contour.

Cara Menggunakan Contour Tool

Pertama-tama untuk menggunakan tool ini buat lah sebuah objek bisa berupa teks atau kurva(lingkaran, persegi dan lainnya), pada tutorial ini kami akan menggunakan teks seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini;

Tutorial Contour Tool CorelDRAW

  • Klik objek yang dibuat tadi lalu carilah Contour tool pada bagian toolbox di CorelDRAW seperti terlihat pada gambar. Ada 3 pilihan dasar Contour yang bisa Anda gunakan, To Center, Inside, Outside, keseluruhannya bisa Anda atur di bagian Properti Bar.

    Tutorial Contour Tool CorelDRAW
    Untuk mengaktifkan tool ini juga bisa melalui Menubar dengan cara klik Effect > Contour (ctrl+f9).

  • Pada tutorial ini kami menggunakan 1 lapis Contour pada objek teks, dibawah ini adalah hasil dari ketika jenis Contour yang dijelaskan diatas.

    Tutorial Contour Tool CorelDRAW
    Jika dipisahkan dengan cara Klik Kanan > Break Contour Group Apart atau dengan tekan Ctrl + K maka akan menghasilkan objek baru dengan ukuran berbeda.

  • Berikut ini adalah hasil akhir dari penggunaan Contour Tool pada sebuah desain setelah kustomisasi dan diberi warna yang contras dan sedikit modifikasi.

    Tutorial Contour Tool CorelDRAWTutorial Contour Tool CorelDRAW
    Potongan desain spanduk pengajian yang menggunakan Contour tool

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Subscribe our newsletter to stay updated.