8 Trend Desain Logo Di Tahun 2017

Apa desain logo yang sedang/menjadi trend pada tahun 2017 ini ? Jago Desain telah menelusuri beberapa sumber situs desain seperti dribbble, behance, pinterest dan lainnya serta mencari informasi dibeberapa blog luar yang membahas desain. Akhirnya kami menyimpulkan beberapa jenis desain logo favorit dan dipredeksi akan menjadi sebuah trend baru di tahun 2017.

Semua desain logo ini bisa di jadikan acuan/dasar dalam mendesain untuk di ajukan kepada klien bahkan beberapa diantaranya sudah sangat populer dan menjadi trend beberapa tahun belakangan seperti Negative Space, Line Art, Vintage Logo dan lainnya.

Baca Juga :




Trend desain logo tahun ini lebih kearah "minimalis" seperti penyederhanaan typografi dan bentuk logo namun masih tetap mempertahankan juga menyempurnakan estetika(keindahan) desain tersebut. Hal ini mungkin di pengaruhi oleh Flat Desain dan Metro Desain yang populer beberapa tahun yang lalu.

Berikut Desain logo yang populer dan menjadi trend di tahun 2017 :

1. Broken Letter

Pada tahun ini para desainer kreatif mencoba bereksperimen dengan huruf(letter). Mereka membuat patahan/pemisah diantara sebuah huruf dan hasilnya bisa anda lihat pada beberapa contoh di bawah :

Trend Desain Logo 2017 - Broken LetterTrend Desain Logo 2017 - Broken Letter
Trend Desain Logo 2017 - Broken Letter
Trend Desain Logo 2017 - Broken Letter

2. Form Simplification

Seperti yang dijelaskan pada tahun 2017 ini desain logo lebih kearah minimalis/sederhana, hal ini sangat jelas terlihat pada tehnik logo ini.

Form Simplification adalah penyederhanaan/peremajaan logo, artinya mengubah bentuk logo yang ada menjadi lebih sederhana untuk beberapa alasan tertentu dimana dalam hal ini banyak sekali perusahaan-perusahaan besar yang melakukan penyederhanaan logonya seperti Mastercard, Airbnb, Starbuck, bahkan google berakibat membuat jenis logo ini menjadi populer.

Berikut beberapa contoh logo form simplification :

Trend Desain Logo 2017 - Form SimplificationTrend Desain Logo 2017 - Form SimplificationTrend Desain Logo 2017 - Form Simplification

3. Hand-Draw

Tehnik hand-draw yang populer pada tahun 2016 masih tetap diminati pada tahun 2017, ini mungkin disebabkan karena proses pembuatannya yang original / buatan tangan yang sulit terkesan lebih unik dan mewakili.

Logo ini sangat populer dan banyak digunakan di kafe dan restoran seperti contoh dibawah :

Trend Desain Logo 2017 - Hand-DrawTrend Desain Logo 2017 - Hand-DrawTrend Desain Logo 2017 - Hand-DrawTrend Desain Logo 2017 - Hand-Draw

4. Moving Parts

salah satu trend yang paling menarik tahun ini adalah moving parts, yaitu logo yang memiliki dua atau beberapa variasi desain yang ditampilkan dalam bahan cetak dan animasi .GIF berbasis web seperti contoh logo dibawah :

Trend Desain Logo 2017 - Moving PartsTrend Desain Logo 2017 - Moving PartsTrend Desain Logo 2017 - Moving PartsTrend Desain Logo 2017 - Moving Parts

Perhatikan bagaimana bentuk dari Cha.Ology bergeser keposisi yang berbeda, menciptakan beragam lock-up berbeda. demikian pula pada logo 23andMe yang berubah warna dan posisi terus menerus. "Don't be afraid to move around in 2017!"

5. Negative Space

Negative Space adalah logo yang menggabungkan 2 bentuk atau huruf menjadi sebuah logo dengan memanfaatkan ruang negative(ruang kosong) dan mengubahnya menjadi bentuk tertentu.

Tehnik ini sudah ada dan menjadi trend sejak tahun 2015 dan masih populer sampai sekarang. Berikut contoh logo negative space :

Trend Desain Logo 2017 - Negative Space


6. Vintage

Sebuah logo Vintage sering dapat menyampaikan rasa kredibelitas dan konektivitas dengan costumer karena logo vintage tidak bermain di modern melainkan di nostalgia, sehingga customer yag melihatnya seakan-akan dibawa kembali ke masa lalu.

Perlu diperhatikan logo ini tidak cocok dipakai untuk logo perusahaan, logo vintage biasa lebih banyak digunakan untuk kafe, restoran, barber shop, clothing, merek produk dan semisalnya. jadi pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memilih logo ini.

Trend Desain Logo 2017 - VintageTrend Desain Logo 2017 - Vintage

7. Minimalism

Kebanyakan logo dibuat sedikit lebih tebal(tegas) dan kompleks agar terlihat menonjol dan berbeda dari yang lain. Namun, terkadang desain yang sederhana malah lebih menarik perhatian seperti contoh flat desain yang banyak digunakan akhir-akhir ini.

Tujuan logo adalah untuk memberitahu customer apa yang anda lakukan langsung secara jelas, jadi akan lebih baik jika pesan itu disampaikan dengan cara yang simple dan mudah dimengerti. Karena itulah "logo minimalism" sangat cocok untuk digunakan. Logo ini diterima dengan baik oleh klien potensial karena mudah dipahami, bukan berarti ini adalah logo terbaik.

Trend Desain Logo 2017 - MinimalismTrend Desain Logo 2017 - Minimalism

8. Line Art

Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015, Logo Line Art (Bold & Thin Line Logo) masih mempertahankan posisi dalam industri desain sebagai salah satu desain logo populer dan kemungkinan akan tetap bertahan sampai akhir tahun 2017 mendatang.

Desain ini menggunakan ketebalan garis dengan hanya menggunakan satu warna solid sederhana dan tidak dihiasi dengan ornament - ornament tertentu. Hal ini dapat dilihat dari beberapa contoh desain dibawah. "Simplicity is the ultimate sophisticate", Singkatnya! Desain ini secara keseluruhan memberikan tampilan elegan dengan cara yang sederhana.

Trend Desain Logo 2017 - Line ArtTrend Desain Logo 2017 - Line ArtTrend Desain Logo 2017 - Line Art

Penting untuk diketahui, bahwa meskipun fakta bahwa trend desain logo bervariasi dari tahun ke tahun, filosofi di balik desain logo tersebut tidak pernah berubah, karena logo diciptakan tidak hanya untuk meninggalkan kesan yang baik pada pelanggan dan menyampaikan pesan dari brand/perusahaan tersebut, tetapi juga mewakili perusahaan tersebut, siapa, untuk apa dan apa yang dilakukan perusahaan tersebut.

Sumber : 1, 2, 3